18 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

loading...

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat. Perubahan sosial merupakan salah satu kajian ilmu sosiologi. Perubahan sosial mencakup perubahan pada norma-norma sosial, nilai-nilai sosial, interaksi sosial, pola-pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, susunan kekuasaan, dan wewenang. Karena luasnya bidang-bidang perubahan sosial tersebut, maka diperlukan suatu pengertian perubahan sosial yang mampu mencakup seluruh bidang tersebut. Nah, berikut adalah beberapa pengertian perubahan sosial menurut para ahli sosiologi. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Prof. Selo Soemardjan

“Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya”.

2. Robert M.I Lawang

“Perubahan sosial adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu”.

3. Gillin dan Gillin

(John Luwis Gillin dan John Philip Gillin)

“Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat”.

4. Emile Durkheim

“Perubahan sosial terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik”.

5. William F. Ogburn

“Ruang lingkup perubahan-perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial”.

6. Bruce J. Cohen

“Perubahan sosial adalah perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan itu adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat”.

7. Robert Morrison Mac Iver

“Perubahan sosial adalah perubahan dalam bidang hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan dalam hubungan sosial tersebut”.

8. Roucek dan Warren

“Perubahan sosial sebagai perubahan dalam proses sosial atau dalam struktur masyarakat”.

9. Kingsley Davis

“Perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat”.

10. Max Weber

“Perubahan sosial budaya adalah perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat adanya ketidaksesuaian unsur-unsur”.

11. Samuel Koening

“Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab intern maupun ekstern”.

12. Robert H. Lauer

“Perubahan sosial sebagai perubahan dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual hingga tingkat dunia”.

13. Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

“Perubahan sosial merupakan suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun nonmateri”.

14. W. Kornblum

“Perubahan sosial budaya adalah perubahan suatu budaya masyarakat secara bertahap dalam jangka waktu lama”.

15. Pasurdi Suparlan

“Perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk”.

16. Atkinson dan Brooten

“Definisi perubahan merupakan kegiatan atau proses yang membuat sesuatu atau seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya dan merupakan proses yang menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau institusi. Ada empat tingkat perubahan yang perlu diketahui yaitu pengetahuan, sikap, perilaku, individual, dan perilaku kelompok”.

17. Wilbert E. Moore

“Perubahan sosial merupakan evolusi rektilinier yang sederhana dimana fungsi waktu berbanding lurus dengan perubahan peradaban. Ia mempercayai bahwa perubahan dapat ditentukan oleh waktu kapan perubahan itu terjadi”.

18. Hans Garth dan C. Wright Mills

“Perubahan sosial adalah apapun yang terjadi dalam kurun waktu tertentu terhadap peran, lembaga, atau tatanan yang meliputi hubungan sosial”.


Sumber:

Judul

Alamat

1. pengertian perubahan sosial menurut para ahli http://frackasyster.blogspot.com/2013/03/pengertian-perubahan-sosial-menurut.html
2. Perubahan sosial http://id.wikipedia.org/wiki/Perubahan_sosial
3. Pengertian Perubahan Sosial http://belajarpsikologi.com/pengertian-perubahan-sosial/
4. Pengertian Perubahan Sosial Menurut para Ahli http://www.pengertianahli.com/2013/08/pengertian-perubahan-sosial-menurut.html
5. Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli http://aqsolonia.blogspot.com/2012/12/pengertian-perubahan-sosial-menurut.html
6. Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli http://malikmccartney.blogspot.com/2010/07/pengertian-perubahan-sosial-menurut.html
7. DIFINISI PARA AHLI TENTANG PERUBAHAN SOSIAL http://galung544.blogspot.com/2012/10/difinisi-para-ahli-tentang-perubahan.html
8. Pengertian dan Teori Perubahan Sosial http://www.anneahira.com/pengertian-perubahan-sosial.htm
9. PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL http://ssbelajar.blogspot.com/2012/07/pengertian-perubahan-sosial.html
10. PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI http://priscanathasyaputrirenani.blogspot.com/2013/12/pengertian-perubahan-sosial-menurut.html

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran
loading...

2 comments: