5 Cara Memperkuat Daya Ingat

loading...

5 Cara Memperkuat Daya IngatSebagai pelajar, sudah tentu kita harus memiliki daya ingat yang bagus untuk memahami setiap pelajaran. Terutama dalam menghadapi ujian nasional. Daya ingat dapat dilatih dan diperkuat. Daya ingat ibaratkan “pisau” yang harus terus diasah dan digunakan. Nah, bagaimana cara memperkuat daya ingat? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Beri Nutrisi untuk Otak

Makanan adalah hal yang terpenting bagi remaja dalam masa pertumbuhannya. Namun, seringkali ini diabaikan. Ingin terliat langsing menjadi alasan mereka untuk melakukan diet yang tidak dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya. Mereka seringkali menganggap bahwa semua makanan dapat menyebabkan kegemukan. Padahal makanan memberikan nutrisi bagi tubuh kita terutama otak. Jika kita tidak memberikan nutrisi kepada otak kita, maka daya pikir dan daya ingat kita akan melemah. Sehingga kita tidak dapat belajar dengan baik. Tips saat Anda berada di sekolah sementara perut Anda merasa sangat lapar adalah dengan kunyahlah permen yang manis. Mengapa demikian? Permen itu manis karena mengandung glukosa. Dan glukosa merupakan nutrisi utama bagi otak. Sehingga otak Anda tetap bisa konsentrasi belajar.

2. Makan Makanan yang dapat Meningkatkan Daya Ingat

Setiap hari, banyak sel-sel otak yang mati dan terus-menerus dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Kita dapat mencegah penurunan jumlah sel dalam otak. Salah satu caranya adalah dengan makan makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan dapat mencegah daya rusak radikal bebas pada otak sehingga sel-sel otak tetap dapat berfungsi dengan baik. Banyak sekali buah-buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi seperti strawberry, blueberry, bayam, tomat, alpukat, dll.

Namun, sebaiknya hindari makan makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi. Hal ini disebabkan karena ketika proses berpikir dimulai, antar sel di dalam otak mulai terhubung. Hal ini harus berjalan dengan sangat cepat sehingga kita dapat berpikir dengan baik. Jika kita mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah banyak dapat menghambat kegiatan tersebut dan bahkan dapat mematikan sel-sel otak. Hindari juga makanan yang mengandung omega 6.

3. Rajinlah Membaca dan Menyimak

Walaupun tidak semua isi buku yang kita baca dapat kita serap, namun sesungguhnya otak merekam apa yang kita baca. Dan setiap bacaan akan mempengaruhi cara berpikir kita. Semakin banyak kita membaca, maka tingkat pemahaman terhadap isi buku juga meningkat.

Saat guru atau pembimbing sedang berbicara, simaklah dengan baik. Karena isi buku akan tiga kali lebih mudah diserap ketika kita mendengarkan orang yang sedang menjelaskannya ketimbang kita yang membaca sendiri isi buku tersebut. Daya ingat juga akan meningkat ketika kita mencatat apa yang mereka katakan.

4. Tulis dan Ceritakan Kembali

Menulis apapun yang baru saja kita simak sangat membantu meningkatkan pemahaman hingga lima kali dibandingkan hanya membacanya. Sebenarnya saya sedang menuliskan apa yang saya dapat sesaat setelah membaca sebuah buku yang menerangkan tentang bagaimana cara memperkuat daya ingat.

Menceritakan apa yang baru saja kita simak bahkan dapat meningkatkan daya pemahaman hingga tujuh kali ketimbang kita hanya membacanya. Itu karena saat kita menceritakan kembali, segalanya yang kita dapat dari buku itu akan kita katakan dengan sendirinya. Bahkan itu belum terpikirkan oleh kita sebelumnya. Saat bercerita, otak kita akan bekerja lebih keras ketimbang saat kita menulis.

5. Praktekkan

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa setiap pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) harus dipraktekkan dan harus ada praktikum? Itu karena para pembuat kurikulum paham bahwa ketika kita mempraktekan apapun yang kita baca, maka itu akan meningkatkan pemahaman hingga sembilan kali daripada saat kita hanya membacanya saja. Selain itu, yang kita pelajari tersebut akan masuk ke Long Term Memory alias ingatan jangka panjang. Jadi, kita dapat mengingatnya dalam waktu yang lebih lama bahkan sulit untuk dilupakan. Oleh karena itu, kita harus mempraktekkan apapun yang baru saja kita pelajari dan kita baca.


Sumber:

Ridwan, Muhamad. 2006. Memperkuat Daya Ingat. Bandung: Fajar Publishing House


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment