Pengertian Transgenik (Artikel Lengkap)

loading...

Transgenik adalah proses pemindahan gen (disebut transgen) ke organisme hidup sehingga organisme memiliki sifat dan ciri-ciri baru yang akan diteruskan ke keturunannya. Transgenik biasanya dilakukan kepada tumbuhan untuk mendapatkan bibit unggul. Tumbuhan akan disisipi gen asing dari spesies tumbuhan yang berbeda atau gen dari bakteri/virus lain. Tumbuhan transgenik biasanya tahan terhadap suhu ekstrem, tidak cepat membusuk, memiliki warna atau bentuk berbeda, tahan terhadap hama, dan kuantitas dan kualitas yang lebih tinggi. Namun, ada juga hewan ternak dan ikan yang dilakukan proses transgenik. Proses transgenik pada ikan dan hewan ternak adalah dengan memasukkan DNA rekombinan yang telah dikendalikan ke dalam genom, sehingga efek DNA yang dimasukkan ini dapat diturunkan kepada anaknya.

pengertian transgenik

1. Asal Mula Kata Transgenik

Etimologi istilah “transgenik” berasal dari bahasa Inggris transgenic yang merupakan penggabungan dua kata trans yang berarti “pindah” dan gen yang berarti “pembawa sifat”. Jadi, secara harfiah, pengertian transgenik adalah proses memindahkan pembawa sifat dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya.

2. Pengertian Transgenik Secara Ontologi

Secara ontologi, transgenik adalah suatu produk rekayasa genetika melalui transformasi gen dari makhluk hidup lain ke dalam tanaman yang tujuannya untuk menghasilkan makhluk hidup baru yang memiliki sifat unggul yang lebih baik dari makhluk hidup sebelumnya.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment