5 Gadget yang Populer tapi Sebenarnya Tidak Berguna

loading...

Perkembangan teknologi sangat mempermudah hidup manusia. Tergantung yang memakainya juga sih. Banyak sekali ada varian gadget yang bertebaran di pasaran. Iklan-iklan gadget berhasil membuat kita merasa sangat membutuhkan gadget tersebut. Padahal gadget tersebut hanya dipakai selama seminggu dan setelahnya ditelantarkan begitu saja. Berikut adalah gadget yang populer saat ini tetapi sebenarnya useless alias tidak berguna. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Teknologi Sekarang Semakin Canggih

Tablet PC

1. Tablet PC

Saya bingung dengan fungsi tablet PC yang sesungguhnya, baik itu tablet bersistem operasi robot hijau atau buatan apel tergigit. Katanya sih untuk menggantikan laptop dan smartphone, tapi kenyataannya banyak orang (khususnya orang Indonesia) yang hanya memanfaatkan tablet untuk bermain game. Tablet tidak bisa melakukan tugas berat seperti yang dilakukan laptop dan tentu saja tidak bisa dipakai buat menelpon. Tapi di beberapa negara maju tablet PC dimanfaatkan di banyak bidang. Seperti kedokteran, pendidikan, maupun sarana mempermudah presentasi.

smartwatch

2. Smartwatch

Baca juga: Dampak Positif Teknologi Dalam Sosial Budaya

Jam tangan pintar juga salah satu gadget yang useless walaupun salah satu perusahaan gadget telah merilis smartwatch yang bisa dipakai untuk internetan, nelpon, memotret, dan membalas SMS. Fungsinya memang supaya kita tidak perlu lagi mengambil smartphone dari kantong, tapi layarnya itu lho kecil banget. Paling gak sampai 2 inci. Ukuran layar segitu tentu saja sangat kecil untuk membuka website. Kita aja sering mengeluh dengan kecilnya layar smartphone berukuran 4 inci. Tapi di luar negeri (lagi) smartwatch telah digunakan untuk beragam kegiatan terutama untuk kegiatan olahraga.

mp3 player

3. MP3 Player

Baca juga: Perubahan Sosial Di Bidang Teknologi

MP3 Player memang masih cukup populer sampai sekarang, tetapi sekarang fungsi pemutar musik tersebut sudah tersedia di smartphone. Jadi, buat apa punya MP3 player kalau cuma dipakai saat tiduran dan bepergian? Kalau buat nemenin jogging sih tidak masalah.

smart tv

4. Smart TV

Televisi pintar memang sudah tersedia di pasaran. Harganya yang terbilang mahal memang patut menjadi pertimbangan utama. Untuk apa juga beli TV pintar mahal-mahal cuma buat merasakan sensasi bermain “burung pemarah” dengan sapuan tangan, browsing, melihat status/tweet, dan melakukan panggilan video?

kacamata pintar

5. Kacamata Pintar

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Pengaruh Teknologi Terhadap Lingkungan

Yup, sepertinya semua alat kebutuhan sehari-hari kita mulai “dipintarisasi”. Mulai dari telepon pintar, jam tangan pintar, televisi pintar, dan kacamata pintar. Mungkin kursi bakalan jadi pintar alias bisa berjalan sendiri dan mengantarkan kita kemanapun hehee… Tapi kebanyakan alat-alat pintar ini tidak terlalu berguna, salah satunya adalah kacamata pintar yang satu ini. Mungkin yang beli terlalu terobsesi sama yang namanya mata-mata. Padahal mata-mata asli tidak sekeren di film loh. Justru ketahuan banget jika kita menggunakannya di tempat umum. Bahkan penggunaan kacamata pintar dilarang di beberapa tempat. Jadi, buat apa beli kacamata pintar?

Itulah gadget populer tapi sebenarnya useless. Semoga kita bisa semakin selektif dalam berbelanja terutama soal membeli gadget. Jangan sampai tertipu dengan iklan yang seringkali memperlihatkan betapa mudahnya hidup kita jika memiliki gadget tersebut. Belilah sesuai kebutuhan kita.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment