Apa yang Dimaksud dengan Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya?

loading...

Kebutuhan manusia tidak terbatas sedangkan sumber daya sangat terbatas. Ketika sumber daya tidak mampu mencukupi kebutuhan manusia, maka akan terjadi kelangkaan sumber daya. Sehingga manusia harus pandai-pandai mengelola sumber daya supaya dapat memenuhi kebutuhannya semaksimal mungkin. Jika sebuah kebutuhan manusia terpenuhi, maka akan muncul kebutuhan lainnya. Berikut adalah pengertian kebutuhan manusia dan kelangkaan sumber daya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Kebutuhan dan Kelangkaan Sumber Daya (Materi Lengkap)

Apa yang Dimaksud dengan Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya

1. Pengertian Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia adalah segala hal yang diperlukan manusia untuk menjalani hidupnya dan untuk memberikan rasa kepuasan. Kebutuhan manusia tidak terbatas dan selalu kompleks. Satu kebutuhan terpenuhi, maka kebutuhan-kebutuhan lain akan bermunculan. Kebutuhan manusia dipengaruhi oleh perkembangan zaman, kemajuan iptek, tingkat perekonomian, tempat, waktu, tingkat pendidikan, dan agama dan kepercayaan. Kebutuhan manusia dapat dibagi menjadi tiga menurut prioritasnya yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Baca juga: 6 Hubungan Kelangkaan dengan Kebutuhan

2. Pengertian Kelangkaan Sumber Daya

Sumber daya merupakan alat pemenuhan kebutuhan manusia. Ketika sumber daya tersebut tidak seimbang dengan kebutuhan manusia, maka akan terjadi kelangkaan. Kelangkaan sumber daya adalah kondisi dimana sumber daya yang ada tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan manusia. Terdapat beberapa jenis sumber daya yaitu sumber daya yang dapat diperbaharui dan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya yang tidak dapat diperbaharui rentan akan kelangkaan karena jumlahnya yang terbatas.

Baca juga: 18 Contoh Kebutuhan Primer (Beserta Foto)

Karena sumber daya yang terbatas, maka manusia harus melakukan berbagai usaha untuk mengatasi kelangkaan. Usaha-usaha untuk mengatasi kelangkaan antara lain dengan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien, mengolah benda, mendaur ulang, mengkombinasikan, mengadakan tebang pilih dalam menebang hutan, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment