9 Negara Maju di Eropa Barat

loading...

Eropa barat adalah kawasan yang terletak di benua Eropa sebelah barat. Semua negara di kawasan Eropa barat adalah negara maju. Daftar negara-negara di Eropa barat menurut PBB adalah Austria, Belgia, Perancis, Liechtenstein, Jerman, Luksemburg, Monako, Belanda, dan Swiss. Berikut adalah daftar negara maju di Eropa barat. Daftar ini tidak diurut menurut kemajuannya atau apapun. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia

9 Negara Maju di Eropa Barat

1. Austria

Austria merupakan negara terkaya ke-11 di dunia dilihat dari PDB per kapita yang mencapai 36 ribu Euro. Komoditas utama di Austria adalah jasa (65,8%) dan industri (32,3%). Sektor pertanian hanya menyumbang 1,7% dari PDB. Inflasi hanya 2,6% pada tahun 2012, jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan hanya 6,2%, dan pengangguran hanya 4,4 %. Pendapatan rata-rata bulanan orang Austria mencapai $ 5.395. Industri utama Austria mencakup konstruksi, mesin, kendaraan dan suku cadang, makanan, logam, kimia, kayu dan pengolahan kayu, kertas dan karton, peralatan komunikasi, dan pariwisata. Komoditas ekspor utama berupa mesin dan peralatan, kendaraan bermotor dan suku cadang, kertas dan karton, barang logam, bahan kimia, besi dan baja, tekstil, dan bahan makanan.

2. Belgia

Belgia memiliki PDB per kapita mencapai $ 38.100 pada tahun 2012. Sektor utama di Belgia adalah jasa (77%), industri (22,3%) dan pertanian (0,7%). Inflasi mencapai 2,4%, jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan mencapai 15,2%, dan jumlah pengangguran mencapai 7,4%. Gaji rata-rata orang Belgia mencapai tiga ribu Euro per bulan. Industri utama mencakup teknik dan produk logam, perakitan kendaraan bermotor, peralatan transportasi, makanan dan minuman olahan, bahan kimia, logam dasar, tekstil, kaca, dan minyak bumi. Komoditas ekspor utama adalah mesin dan peralatan mesin, bahan kimia, berlian, logam dan produk logam, dan bahan makanan.

3. Perancis

Perancis adalah negara dengan perekonomian terbesar kelima di dunia. PDB per kapita mencapai $ 41.141 pada tahun 2012. Sektor ekonomi utama adalah jasa (79,8%), industri (18,3%), dan pertanian hanya 1,9%. Inflasi mencapai 0,7%, angka penduduk di bawah garis kemiskinan mencapai 8,8%, dan pengangguran mencapai 11,3%. Industri utama Perancis yaitu mesin, bahan kimia, mobil, metalurgi, pesawat, elektronik, tekstil, pengolahan makanan, dan pariwisata. Sedangkan komoditas ekspor utama meliputi mesin dan peralatan mesin, pesawat, plastik, bahan kimia, produk farmasi, besi dan baja, dan minuman.

4. Liechtenstein

Pajak yang rendah dan proses birokrasi yang mudah membuat banyak perusahaan mendirikan kantornya di Liechtenstein. Kantor-kantor tersebut telah menyumbang 30% dari penerimaan negara. PDB per kapita mencapai $ 89.400 pada tahun 2000. Sektor ekonomi utama adalah layanan (50,1%), industri (42,8%), dan pertanian (7,1%). Angka inflasi hanya 0,2%, tidak ada penduduk di bawah garis kemiskinan, dan pengangguran hanya 2,5%. Industri utama Liechtenstein adalah elektronik, manufaktur, logam, produk gigi, keramik, obat-obatan, produk makanan, dan pariwisata. Komoditas ekspor utama mencakup mesin, konektor untuk audio dan video, bagian untuk kendaraan bermotor, produk gigi, hardware, bahan makanan, peralatan elektronik, dan produk optik.

Baca juga: 10 Negara Maju di Benua Eropa

5. Jerman

Jerman adalah negara dengan perekonomian terbesar di Eropa dan PDB nominal terbesar keempat di dunia. Sejak era industrialisasi, Jerman telah menjadi pendorong, inovator, dan pusat perekonomian secara global. PDB per kapita mencapai $ 45.925. Sektor utama Jerman adalah jasa (71,2%), industri (28%), dan pertanian (0,8%). Inflasi hanya 0,5% dan pengangguran hanya 4,9%. Gaji rata-rata orang Jerman mencapai $ 4.076 per bulan. Industri utama di Jerman adalah besi dan baja, batu bara, semen, bahan bakar mineral, bahan kimia, plastik, mesin produksi, kendaraan, kereta api, kapal, pesawat luar angkasa, peralatan mesin, elektronik, teknologi informasi, peralatan optik dan medis, obat-obatan, makanan dan minuman, dan tekstil. Sedangkan komoditar ekspor utama adalah kendaraan bermotor, mesin, bahan kimia, komputer, produk elektronik, peralatan listrik, obat-obatan, logam, peralatan transportasi, bahan makanan, tekstil, karet, dan produk plastik.

6. Luksemburg

Luksemburg memiliki PDB per kapita tertinggi di dunia yakni mencapai $ 80.700. Sektor utama Luksemburg adalah layanan (86%), industri (13,6%), dan pertanian (0,4%). Kebanyakan penduduk Luksemburg bekerja di luar negeri seperti Perancis, Belgia, dan Jerman. Hal ini disebabkan karena mudahnya akses ke negara-negara tersebut. Angka pengangguran hanya 6%, inflasi 2,5%, dan gaji rata-rata per bulan mencapai $ 5.469. Industri utama di Luksemburg adalah jasa keuangan, besi dan baja, teknologi informasi, telekomunikasi, transportasi kargo, pengolahan makanan, bahan kimia, produk logam, teknik, ban, kaca, aluminium, perbankan, dan pariwisata. Sedangkan komoditas ekspor utama adalah mineral, logam, bahan makanan, dan barang-barang konsumen.

7. Monako

Monako adalah destinasi wisata yang populer di dunia terutama sejak dibangunnya Monte Carlo Casino. Negara ini tidak memungut pajak penghasilan dan pajak bisnis yang rendah. Hal ini membuat banyak orang mendirikan tempat tinggal dan kantor di Monako. Standar hidup masyarakat Monako dua kali lebih tinggi dari masyarakat di daerah metropolitan Perancis. Pendapatan per kapita negara ini mencapai $ 188.409 dan merupakan yang tertinggi di dunia. Tingkat pengangguran sangat kecil hanya 2% pada tahun 2012. Produk impor dan ekspor di Monako semuanya berupa jasa. Tidak ada pertanian di negara ini.

8. Belanda

Belanda memiliki perekonomian terbesar ke-18 di dunia. PDB per kapita kira-kira $ 43.404 telah menjadikannya sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Sektor utama Belanda adalah layanan (73,2%), industri (24,1%), dan pertanian (2,8%). Laju inflasi hanya 0,3%, persentase populasi di bawah garis kemiskinan mencapai 10,5%, dan pengangguran hanya 6,8%. Gaji rata-rata orang Belanda mencapai $ 5.035 per bulan. Industri utama di Belanda adalah industri pertanian, logam, elektronik, mesin, bahan kimia, minyak bumi, konstruksi, mikroelektronika, dan peralatan memancing. Sedangkan komoditas ekspor utama meliputi mesin dan peralatan, bahan kimia, bahan bakar, dan bahan makanan.

9. Swiss

Swiss adalah salah satu negara yang paling stabil di dunia. Stabilitas keamanan dan politik jangka panjang membuat Swiss menjadi tempat yang aman bagi investor dan menciptakan perekonomian yang semakin tergantung pada investor asing. Industri dan perdagangan adalah sektor utama yang menghidupkan perekonomian Swiss. Pendapatan per kapita Swiss adalah salah satu yang tertinggi di dunia yakni mencapai $ 54.600. Negara ini mengalami deflasi 0,7%, populasi di bawah garis kemiskinan mencapai 7,9%, dan pengangguran hanya 2,9%. Industri utama di Swiss adalah mesin, bahan kimia, jam tangan, tekstil, pariwisata, perbankan, dan asuransi. Sedangkan komoditas ekspor utama termasuk mesin, bahan kimia, logam, jam tangan, dan produk pertanian.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment