10 Negara Maju di Benua Eropa

loading...

10 Negara Maju di Benua EropaDi benua Eropa terdapat banyak negara maju. Bahkan hampir semuanya. Negara berkembang sebagian terdapat di bagian timur benua Eropa. Kebanyakan negara di Eropa adalah negara maju karena memiliki pendapatan per kapita yang tinggi. Selain itu, tingkat penguasaan teknologinya juga sudah sangat maju. Berikut adalah 10 negara maju di benua Eropa. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Italia

Italia adalah sebuah negara di sebelah selatan benua Eropa. Bentuk pemerintahan Republik. Negara dipimpin oleh presiden, sedangkan kepala pemerintahan oleh perdana menteri. Ibu kota di Roma. Lagu kebangsaan “Frateli D’Italia La Italia S’E Desta”. Luas wilayah 301.270 km2. Mata uang Euro. Pendapatan per kapita $35.123. Mayoritas penduduk beragama Katolik Roma. Bahasa resminya adalah bahasa Itali, dan sebagian besar penduduknya adalah orang Italia. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, potasium, dan sulfur.

2. Portugal

Italia adalah sebuah negara di sebelah barat benua Eropa. Bentuk pemerintahan Republik. Negara dipimpin oleh presiden, sedangkan kepala pemerintahan oleh perdana menteri. Ibu kota di Lisabon. Lagu kebangsaan “Heiros Do Mar”. Luas wilayah 94.276 km2. Jumlah penduduk 9.800.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 107 jiwa/km2. Mata uang Euro. Pendapatan per kapita $20.663. Mayoritas penduduk beragama Katolik Roma. Bahasa resminya adalah bahasa Portugis. Penduduk aslinya terdiri atas bangsa Portugis. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: beras, gandum, anggur, zaitun, buah-buahan, uranium, batubara, besi, emas, tembaga, dan koalin.

3. Spanyol

Spanyol adalah sebuah negara di sebelah barat benua Eropa. Terletak di sebelah timur Portugal. Bentuk pemerintahan monarkhi konstitusional. Negara dikepalai oleh raja, sedangkan pemerintahan oleh perdana menteri. Ibu kota di Madrid. Lagu kebangsaan “Himno Nacional (Marcha Granadera)”. Luas wilayah 505.050 km2. Jumlah penduduk 36.900.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 79 jiwa/km2. Mata uang Euro. Pendapatan per kapita $30.315. Mayoritas penduduk beragama Katolik Roma. Bahasa resminya adalah bahasa Spanyol. Penduduknya terdiri atas suku Kastilia, Valencia, Andalusia, Galicia, dan Basque. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: zaitun, anggur, gandum, jeruk, merkuri, uranium, potasium, timah, besi, dan tembaga.

4. Jerman

Jerman adalah sebuah negara di sebelah utara benua Eropa. Bentuk pemerintahan republik. Kepala negara dan pemerintahan dipimpin oleh Kanselir. Ibu kota di Berlin. Lagu kebangsaan “Einigkeit und Recht und Freiheit”. Luas wilayah 356.910 km2. Jumlah penduduk 81.600.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 33 jiwa/km2. Mata uang Euro. Pendapatan per kapita $45.925. Mayoritas penduduk beragama Protestan dan Katolik. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Jerman. Penduduk asli terdiri atas campuran suku Tentania, Kelt, dan bangsa Slavia. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: padi, umbi, kentang, bit gula, anggur, minyak bumi, tembaga, dan biji besi.

5. Swiss

Swiss adalah sebuah negara di bagian tengah benua Eropa. Bentuk pemerintahan republik federal. Kepala negara dan pemerintahannya dipimpin oleh presiden. Ibu kota di Bern. Lagu kebangsaan “Rufst Du Mein Vaterland”. Luas wilayah 41.290 km2. Jumlah penduduk 7.200.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 181 jiwa/km2. Mata uang Franc Swiss. Pendapatan per kapita $80.276. Mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma dan Kristen. Bahasa yang dipergunakan adalah bahasa Prancis, Jerman, dan Itali. Penduduk terdiri atas orang Jerman, Prancis, dan Itali. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: kentang, bit gula, tembakau, padi-padian, dan garam.

6. Belanda

Belanda adalah sebuah negara di sebelah barat benua Eropa. Bentuk pemerintahan kerajaan. Negara dikepalai oleh Raja/Ratu, sedangkan kepala pemerintahan oleh perdana menteri. Ibu kota di Amsterdam. Lagu kebangsaan “Wilhelmus van Nassouwe”. Luas wilayah 37.330 km2. Jumlah penduduk 15.500.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 457 jiwa/km2. Mata uang Euro dan US Dollar. Pendapatan per kapita $47.651. Penduduknya beragama Katolik Roma. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Belanda. Sebagian besar penduduknya adalah suku bangsa Belanda. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: gula, tembakau, padi-padian, dan batubara.

7. Belgia

Belgia adalah sebuah negara di sebelah barat benua Eropa. Bentuk pemerintahan kerajaan. Negara dikepalai oleh Raja/Ratu, sedangkan pemerintahannya oleh perdana menteri. Ibu kota di Brussel. Lagu kebangsaan “Brabanconne Noble Belgique O Mere Cheire”. Luas wilayah 33.100 km2. Jumlah penduduk 10.100.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 33.100 jiwa/km2. Mata uang Euro. Pendapatan per kapita $43.686. Mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma. Bahasa yang dipergunakan adalah bahasa Belanda, Prancis, dan Jerman. Penduduk Belgia terdiri atas suku bangsa Fleming dan Wallon. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: gula, tembakau, padi-padian, dan batubara.

8. Inggris (United Kingdom)

Inggris adalah sebuah kerajaan di sebelah utara benua Eropa. Bentuk pemerintahan kerajaan. Negara dikepalai oleh Ratu. Pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri. Ibu kota di London. Lagu kebangsaan “God Save The Queen”. Luas wilayah 249.988 km2. Jumlah penduduk 241 jiwa/km2. Mata uang Poundsterling. Pendapatan per kapita $39.049. Penduduknya beragama Anglikan dan Katolik Roma. Bahasa resminya adalah bahasa Inggris. Sebagian besar penduduknya adalah suku bangsa Inggris. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: kentang, sayur-sayuran, gandum, susu, mentega, batubara, tembaga, timah hitam, seng, mangan, dan biji besi.

9. Perancis

Perancis adalah sebuah negara di sebelah utara benua Eropa. Bentuk pemerintahan republik. Negara dipimpin oleh presiden, sedangkan kepala pemerintahan oleh perdana menteri. Ibu kota di Paris. Lagu kebangsaan “La Marsillaise”. Luas wilayah 557.670 km2. Jumlah penduduk 58.000.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 105 jiwa/km2. Mata uang Euro dan Franc. Pendapatan per kapita $44.730. Mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma. Bahasa resminya adalah bahasa Perancis. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: padi, barley, gandum, apel, persik, aprikot, anggur, susu, keju, mentega, biji besi, potasium, garam, fospat, bauksit, minyak bumi, dan batubara.

10. Rusia

Rusia adalah sebuah negara di sebelah timur benua Eropa. Rusia merupakan kelanjutan dari Uni Soviet. Bentuk pemerintahan negara federasi. Negara dipimpin oleh presiden, sedangkan kepala pemerintahan oleh Perdana Menteri. Ibu kota di Moskow. Lagu kebangsaan “Hymne of The Sovyet”. Luas wilayah 17.075.400 km2. Jumlah penduduk 144.080.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 8 jiwa/km2. Mata uang Rubel. Pendapatan per kapita $14.973. Mayoritas penduduk beragama Ortodok Rusia. Bahasa resminya adalah bahasa Rusia. Mayoritas penduduknya berasal dari suku bangsa Rusia. Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: ubi-ubian, bit gula, gandum, mangan, merkuri, bauksit, minyak, dan batubara.


Sumber: Mudzakir, Arief. 2006. RPUL Global. Semarang: CV Aneka Ilmu.


Layanan request artikel: hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

19 comments:

  1. Replies
    1. Samasama bro. Senang bisa membantu Anda :)

      Delete
  2. Replies
    1. Artikel ini berdasarkan pada tahun 2014. Namun, masih relevan hingga saat ini karena kesepuluh negara tersebut masih menjadi negara maju di benua Eropa :)

      Delete
  3. artikel bagus, indonesia kok tidak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. walau indonesia bukan wilayah eropa, tidak ada salahnya dicantaumkan

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. thanks kak, pr jd tuntas :D

    ReplyDelete
  6. Makasih Banget yah saya sangat terbantu

    ReplyDelete