Jaringan Otot (Materi Lengkap SMA XI)

loading...

Jaringan OtotJaringan otot adalah jaringan yang tersusun atas sel-sel panjang yang disebut serabut otot. Serabut otot mampu berkontraksi ketika mendapatkan rangsang dari impuls saraf. Fungsi jaringan otot adalah untuk menggerakan organ-organ tubuh baik secara sadar maupun tidak sadar. Sel otot memiliki struktur yang khusus. Membran sel otot disebut sarkolema, sitoplasma sel otot disebut sarkoplasma, dan serat otot disebut miofibril yang disusun oleh beberapa sarkomer. Otot merupakan jaringan yang paling banyak terdapat pada sebagian besar hewan dan kontraksi otot merupakan kerja seluler yang paling banyak memerlukan energi. Jaringan otot dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

Direktori > Pendidikan > SMA Kelas XI IPA > Biologi > Jaringan Hewan > Jaringan Otot

1. Jaringan Otot Polos

Otot polos adalah otot yang berkontraksi secara tidak sadar (involunter) atau tidak dengan kehendak kita. Otot polos bekerja secara refleks di bawah pengaruh saraf otonom. Karena bekerja terus menerus, maka otot ini tidak pernah merasa lelah. Otot polos terdapat pada seluruh organ tubuh yang tidak dapat kita gerakkan sesuai dengan kehendak kita (kecuali jantung). Contohnya pada pembuluh darah, limfe, saluran pencernaan, kandung kemih, saluran pernapasan, dll.

Setiap sel otot polos berbentuk gelendong memanjang dengan ujung merincing, memiliki sebuah inti sel di tengahnya, terdapat serabut miofibril, dan tidak berwarna (transparan).

2. Jaringan Otot Lurik

Otot lurik adalah otot yang berkontraksi secara sadar (volunter) atau sesuai dengan kehendak kita. Otot lurik juga disebut otot rangka karena sebagian besar otot ini melekat pada kerangka. Fungsi otot lurik adalah untuk menggerakkan tulang dan melindungi kerangka dari benturan keras. Otot ini mudah lelah sehingga tidak mampu bekerja lama.

Ciri-ciri otot lurik adalah berbentuk silindris/berserabut panjang, memiliki inti sel yang banyak, letak inti sel di tepi, dan serabut miofibril berwarna gelap terang.

3. Jaringan Otot Jantung

Otot jantung adalah otot yang istimewa karena dapat bekontraksi secara ritmis dan terus-menerus. Otot ini istimewa karena otot ini menggerakkan organ terpenting yaitu jantung yang harus bekerja terus menerus tanpa henti. Sesuai namanya, otot ini hanya untuk menggerakkan jantung dan hanya terdapat pada jantung. Otot ini bekerja secara tidak sadar (involunter).

Sel-sel otot jantung tersusun seperti anyaman bercabang dengan sedikit jaringan penyambung di sekelilingnya. Ciri-ciri otot jantung adalah berbentuk silindris, berserabut pendek, bercabang, memiliki satu/dua inti sel di tengah, dan serabut miofibril berwarna gelap terang.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

5 comments:

  1. Thanks for thats information.............. sangat membantu !!!!!!!!!!! GOOD JOB !!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  2. Terima kasih yah kak artikel nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih banyak, artikel ini sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Terima Kasih Bro, Artikel ini sangat bermanfaat dalam pelajaran Biologi, Sekali lagi Terima Kasih

    @Fir_Daus

    ReplyDelete