Paru-Paru Manusia Terdiri Dari Apa Saja?

loading...

paru-paru manusia terdiriParu-paru pada manusia terdiri dari dua bagian utama yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan terdiri dari tiga lobus sedangkan paru-paru kiri terdiri dari dua lobus. Tiga lobus paru-paru kanan yaitu lobus superior (atas), lobus middle (tengah), dan lobus inferior (bawah). Sedangkan dua lobus paru-paru kiri yaitu lobus superior (atas) dan lobus inferior (bawah). Walaupun paru-paru manusia terdiri dari bermacam-macam bagian, semua bagian itu sama-sama memiliki fungsi penting yaitu berperan dalam proses pertukaran gas. Itu semua karena adanya alveolus yang diameternya antara 0,2-0,3 mm. Lobus pada paru-paru dibagi lagi menjadi lobulus. Ada sekitar 130.000 lobulus di paru-paru.

(Baca juga: Sistem Pernapasan pada Manusia)

Paru-paru diselimuti oleh sebuah selaput elastis yang disebut pleura. Pleura dibagi menjadi dua yaitu pleura visceral dan pleura parietal. Pleura visceral membungkus paru-paru sedangkan pleura parietal melapisi rongga dada luar. Antara kedua pleura ini terdapat rongga yang disebut kavum pleura. Adanya kavum pleura memungkinkan paru-paru untuk mengembang sehingga udara dapat masuk ke dalam paru-paru. Pada pleura juga terdapat sedikit cairan yang disebut ekudat yang berguna untuk meminyaki permukaan pleura sehingga tidak tergesek saat paru-paru mengembang.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Struktur Paru-paru http://paru-paru.com/struktur-paru-paru/
2. Lobus pada paru-paru http://www.biologi-sel.com/2013/06/lobus-pada-paru-paru.html
3. Cara Kerja dan Fungsi Paru - Paru Manusia http://permathic.blogspot.com/2012/04/cara-kerja-dan-fungsi-paru-paru-manusia.html
4. Human lung http://en.wikipedia.org/wiki/Human_lung


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment