Jaringan Hewan (Materi Ringkasan SMA XI)

loading...

jaringan hewanJaringan adalah kumpulan sel sejenis yang memiliki struktur dan fungsi yang sama untuk membentuk suatu organ. Jaringan pada hewan berbeda dengan jaringan pada tumbuhan. Jaringan pada hewan ada empat macam yaitu jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.


Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan tubuh dan membatasi rongga tubuh hewan. Jaringan epitel terdiri dari sel-sel yang memadat dan saling terikat dengan erat.

Berdasarkan struktur sel yang membentuknya, jaringan epitel terdiri dari tiga macam yaitu epitel pipih, epitel batang (epitel silindris), dan epitel kubus. Selain itu, terdapat pula epitel transisi dan epitel kelenjar.


Jaringan ikat adalah jaringan yang berfungsi untuk memperkuat jaringan lain, melindungi organ tubuh, menyimpan energi, membentuk struktur tubuh, dan menyusun sistem sirkulasi.

Jaringan ikat terdiri dari matriks dan sel-sel penyusun jaringan ikat. Matriks terdiri dari serat kolagen, serat elastin, serat retikuler, dan mukopolisakarida. Sedangkan sel-sel penyusun jaringan ikat meliputi fibroblas, sel lemak, sel plasma, makrofag, dan sel tiang.

Jaringan ikat terdiri dari berbagai jenis diantaranya jaringan ikat longgar, jaringan ikat padat, jaringan lemak, jaringan tulang rawan, jaringan tulang, jaringan darah, dan jaringan limfe.


Jaringan otot adalah jaringan yang berfungsi untuk menggerakkan anggota tubuh baik secara sadar maupun tidak sadar. Jaringan otot terdiri dari sel-sel otot. Jaringan otot dibagi menjadi tiga macam yaitu otot polos, otot rangka (otot lurik), dan otot jantung.


Jaringan saraf adalah jaringan yang membentuk sistem saraf. Saraf mengirimkan impuls dari panca indera menuju otak. Jaringan saraf terdiri dari sel-sel saraf. Setiap sel saraf terdiri dari tiga bagian utama yaitu dendrit, badan sel, dan akson.


Berbagai jenis jaringan bergabung, terorganisasi, dan membentuk fungsi tertentu yang disebut organ. Contoh organ pada manusia adalah lambung, mata, jantung, dll.


Beberapa organ bergabung untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh yang disebut sistem organ. Terdapat beberapa sistem organ pada manusia yaitu sistem rangka, otot, pencernaan, pernapasan, sirkulasi, saraf, reproduksi, endokrin, dan ekskresi.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment