Nodus Ranvier (Artikel Lengkap)

loading...

nodus ranvierNodus ranvier adalah celah kecil yang terbentuk diantara selubung mielin yang membungkus dan melindungi akson. Akson tidak terbungkus pada celah ini, yang memungkinkan untuk menghasilkan aktivitas listrik. Fungsi dari nodus ranvier adalah untuk memungkinkan nutrisi serta zat buangan untuk masuk dan keluar dari neuron (sel saraf).

1. Sejarah Penemuan Nodus Ranvier

Louis-Antoine Ranvier menemukan nodus atau kesenjangan yang berada di dalam selubung mielin pada tahun 1878 setelah menjadi asisten dari Claude Bernard pada tahun 1867. Penemuan nodus ini kemudian ia namakan nodus ranvier. Penemuan ini menyebabkan Ranvier melakukan pemeriksaan histologis terhadap selubung mielin dan sel schwann.

2. Struktur Nodus Ranvier

Selubung mielin membungkus akson, namun tidak seluruh bagian akson dibungkus olehnya. Bagian yang tidak terbungkus inilah yang disebut nodus ranvier. Panjang nodus ranvier hanya sekitar 1 sampai 2 milimeter. Terdapat natrium, kalium, ATP, dan kalsium yang memungkinkan untuk menghasilkan potensial aksi. Nodus ranvier terletak di antara kedua selubung mielin. Adanya nodus ranvier menyebabkan rendahnya kapasitas isolator listrik dan meningkatkan suatu resistensi tinggi, namun dapat mengganggu isolasi pada selubung mielin sehinga memungkinkan impuls untuk melompat-lompat. Impuls yang melompat-lompat ini membuat pengiriman impuls sepanjang akson menjadi lebih cepat.

3. Fungsi Nodus Ranvier

Potensial aksi adalah lonjakan debit ion positif dan negatif yang bergerak sepanjang membran sel. Penciptaan dan konduksi potensial aksi merupakan sarana dasar komunikasi dalam sistem saraf. Potensial aksi melakukan perjalanan dari satu lokasi di dalam sel yang lain, tetapi aliran ion melintasi membran sel hanya terjadi pada nodus ranvier. Akibatnya, sinyal potensial aksi melompat sepanjang akson dari nodus ke nodus. Ini jauh lebih cepat daripada hanya menyebar seperti di akson yang tidak memiliki selubung mielin.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Function Nodes of Ranvier http://www.reference.com/motif/health/function-nodes-of-ranvier
2. Myelin sheath gap http://en.wikipedia.org/wiki/Myelin_sheath_gap
3. node of Ranvier http://global.britannica.com/EBchecked/topic/417103/node-of-Ranvier
4. Nodus Ranvier http://id.wikipedia.org/wiki/Nodus_Ranvier
5. What Are Nodes of Ranvier? http://www.wisegeek.com/what-are-nodes-of-ranvier.htm


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment