Oligodendrosit (Artikel Lengkap)

loading...

oligodendrositOligodendrosit adalah sejenis sel glia yang melakukan pemeliharaan dan dukungan dari sel-sel sistem saraf. Oligodendrosit bersama dengan sel schwann membentuk selubung mielin. Kata oligodendrosit berasal dari Bahasa Yunani oligodendroglia (beberapa lem pohon). Sebuah oligodendrosit dapat membungkus 50 akson. Oligodendrosit dibagi menjadi dua jenis yaitu interfascicular dan perineuronal. Mereka memiliki sedikit fibril sitoplasma tetapi berkembang dengan baik pada badan golgi.

1. Pembentukan Oligodendrosit

Oligodendrosit hanya ditemukan dalam sistem saraf pusat yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang tepatnya di dalam materi abu-abu. Oligodendrosit berasal dari zona ventrikel ventral dari embrio sumsum tulang belakang dan mungkin memiliki beberapa konsentrasi di otak depan. Mielinasi hanya terjadi di beberapa daerah otak saat lahir dan berlanjut sampai dewasa. Seluruh proses ini tidak lengkap sampai sekitar 25-30 tahun. Pembentukan oligodendrosit di otak orang dewasa dikaitkan dengan glial yang dibatasi sel-sel progenitor yang dikenal sebagai sel progenitor oligodendrosit.

2. Fungsi Oligodendrosit

Sebagai bagian dari sistem saraf, oligodendrosit berhubungan erat dengan sel-sel saraf serta memberikan peran pendukung penting bagi neuron. Selain itu, sistem saraf mamalia tergantung pada selubung mielin yang berfungsi untuk mengurangi kebocoran ion dan kapasitansi dari membran sel. Potensial aksi terjadi pada nodus ranvier di antara sel schwann (dari sistem saraf tepi) dan oligodendrosit (dari sistem saraf pusat).

3. Patologi

Salah satu penyakit yang menyebabkan cedera pada sel-sel oligodendroglial yaitu sklerosis. Oligodendrosit juga akan rusak karena konsentrasi neurotransmiter dan glutamat yang berlebihan. Tumor pada oligodendroglia disebut oligodendrogliomas. Kemoterapi menyebabkan kerusakan pada oligodendrosit pada tikus yang justru dapat memperparah kerusakan pada sistem saraf pusat.


Sumber:

Judul

Alamat

1. What Are Oligodendrocytes? http://www.wisegeek.com/what-are-oligodendrocytes.htm
2. Oligodendrocyte http://en.wikipedia.org/wiki/Oligodendrocyte
3. Oligodendrocytes and Schwann cells http://www.networkglia.eu/en/oligodendrocytes
4. oligodendrocyte http://global.britannica.com/EBchecked/topic/427597/oligodendrocyte


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment