20 Bagian-Bagian Kulit dan Fungsinya

loading...

Kulit adalah jaringan terluar hewan (termasuk manusia) yang melapisi bagian dalam tubuh hewan. Kulit manusia terdiri dari tiga lapisan yaitu epidermis, dermis, dan subkutaneus. Kulit juga terdiri dari beberapa bagian yang memiliki beragam fungsi seperti untuk menjaga kelembaban kulit, tempat tumbuhnya rambut, sebagai salah satu sistem ekskresi pada manusia, dan sebagai salah satu alat indera. Berikut adalah bagian-bagian kulit manusia beserta fungsinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Gambar Anatomi Kulit Berbahasa Indonesia
Jpeg
  1. Keratin adalah serat protein yang berfungsi sebagai struktur utama pembentuk lapisan luar kulit manusia.
  2. Korpuskula ruffini adalah saraf yang berfungsi sebagai reseptor panas.
  3. Freckle (bintik hitam) adalah melanin yang terkonsentrasi di suatu tempat di kulit yang menyebabkan kulit terlihat ada bintik-bintik hitam.
  4. Kelenjar keringat adalah kelenjar di dalam kulit yang berfungsi mengeluarkan keringat. Fungsi kelenjar keringat adalah sebagai salah satu alat ekskresi berupa keringat dan untuk mendinginkan suhu tubuh.
  5. Korpuskula meissner’s adalah saraf yang berfungsi sebagai reseptor rabaan.
  6. Korpuskula pacini adalah saraf yang berfungsi sebagai reseptor tekanan.
  7. Kolagen dan serat elastik adalah salah satu jenis protein yang berfungsi untuk mengencangkan kulit.
  8. Epidermis adalah lapisan terluar kulit yang berisi jaringan epitel pipih berlapis banyak. Fungsi epidermis adalah melindungi tubuh dari bakteri, sinar UV, dan berbagai zat kimia dari luar tubuh.
  9. Dermis adalah lapisan kulit yang terletak di antara epidermis dan jaringan ikat (subkutaneus). Fungsi dermis sangat beragam mulai dari tempat saraf reseptor, tempat akar rambut, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak.
  10. Subkutaneus (jaringan subkutan) adalah lapisan terbawah kulit yang terdapat jaringan lemak dan pembuluh darah besar. Fungsi subkutaneus adalah sebagai penghangat tubuh.
  11. Korpuskula krause adalah saraf yang berfungsi sebagai reseptor dingin.
  12. Pembuluh darah berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh bagian kulit.
  13. Bulbus rambut adalah bagian akar rambut yang menggembung dan mengandung sel yang aktif membentuk rambut. Fungsi bulbus rambut adalah untuk memanjangkan rambut.
  14. Baca juga: Beberapa Macam Penyakit Kulit (Artikel Lengkap Biologi)
  15. Kelenjar apokrin adalah kelenjar keringat yang salurannya terletak di rambut dan biasanya terdapat di lipatan tubuh. Fungsi kelenjar apokrin adalah untuk melicinkan bagian lipatan tubuh tersebut supaya tidak terjadi gesekan.
  16. Folikel rambut adalah tempat tumbuhnya rambut. Fungsi folikel rambut adalah sebagai tempat untuk menumbuhkan rambut.
  17. Otot erektor adalah otot yang terdapat di rambut. Fungsi otot erektor adalah untuk mengatur gerakan rambut pada kulit.
  18. Kelenjar minyak (kelenjar sebacea) adalah kelenjar eksokrin di kulit yang mengeluarkan cairan seperti miyak atau lilin yang disebut sebum. Fungsi kelenjar minyak adalah untuk meminyaki kulit dan rambut supaya tetap lembab.
  19. Melanosit adalah sel-sel yang terletak di lapisan bawah epidermis kulit. Fungsi melanosit adalah sebagai pigmen yang mengatur warna kulit.
  20. Korpuskula ujung saraf adalah saraf yang berfungsi sebagai reseptor rasa nyeri/sakit.
  21. Granula pigmen adalah pigmen yang berfungsi untuk menentukan warna kulit.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

9 comments: