7 Tips Mengisi Liburan di Rumah

loading...

Akhirnya liburan telah tiba. Sehari sebelum liburan atau tepatnya saat penerimaan rapot, banyak dari kita yang berangan-angan mau ngapain aja pas liburan. Ada yang mau main game seharian, ada yang mau menghabiskan seluruh episode drama Korea, ada yang mau jalan-jalan sama temen, bahkan ada yang berencana jalan-jalan ke Singapura. Tapi, saat hari pertama liburan, entah kenapa rencana kita gagal total karena kebosanan dan ingin tidur aja seharian. Apalagi sekarang musim hujan. Nah daripada tiduran terus di rumah, berikut adalah tips mengisi liburan di rumah supaya menyenangkan. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Liburan

7 Tips Mengisi Liburan di Rumah

1. Jangan Begadang

Selain karena tidak ada artinya seperti kata Haji Rhoma Irama, begadang juga membuat tubuh kita lesu keesokan harinya. Sehingga kita jadi malas untuk melakukan kegiatan dan ingin tidur-tiduran saja di ranjang. Jika kita bangun, tubuh kita akan terasa berat dan kepala menjadi pening selama seharian. Nah mumpung lagi liburan, sebaiknya habiskan waktu pagi, siang, dan sore kamu untuk melakukan berbagai kegiatan yang sebelumnya tidak bisa kamu lakuin. Sedangkan pada malam hari gunakan sebaik-baiknya untuk istirahat supaya keesokan harinya kembali segar.

2. Jangan Pernah Berhenti Beraktivitas

Sesungguhnya banyak sekali hal yang bisa kita kerjakan di rumah ketika liburan. Sebaiknya kamu tidak pernah berhenti beraktivitas, kenapa? Tentu saja supaya semangat liburan kamu tidak luntur karena bosan. Ketika kamu beraktivitas, walaupun hanya sekedar beres-beres rumah, maka kamu akan merasakan bara api semangat di tubuhmu. Agak lebay sih, tapi beneran loh.

3. Beli Bacaan

Baca juga: Arti Liburan yang Sebenarnya

Liburan bukan berarti menghindar dari yang namanya buku loh. Ingatlah bahwa tidak ada hari tanpa buku (kecuali pada hari Saraswati bagi umat Hindu Bali). Buku tidak selalu identik dengan tidak menarik dan bikin ngantuk, banyak kok jenis buku yang sangat menarik untuk dibaca. Contohnya adalah novel. Sekali kamu tertarik pada isi novelnya, dijamin kamu gak bakal mau berhenti membaca sampai habis. Beli atau pinjamlah beberapa eksemplar novel untuk dijadikan stok bacaan. Karena dalam satu hari kamu bisa saja menghabiskan satu hingga dua novel.

4. Hindari Layar Kaca

Sebaiknya kamu menghindari yang namanya layar kaca. Entah itu TV, komputer, laptop, konsol game, HP, tablet, dll. Selain bikin ketagihan untuk terus menatap layar kaca, apalagi saat liburan orangtua tidak peduli selama apapun kamu nonton, mata kamu juga akan rusak jika hanya fokus pada layar kaca dalam jangka waktu lama. Tidak enak bukan kalau sehabis liburan mata kamu jadi miopia.

5. Beres-Beres Rumah

Jika kamu memang tidak ada hal yang bisa dikerjakan, cobalah beres-beres rumah. Jika biasanya yang mengerjakannya adalah orangtua atau pembantu kamu, cobalah kamu menggantikannya selama liburan. Selain bisa dapat tambahan uang jajan, rasa bosan kamu juga akan hilang.

6. Keliling Kompleks

Manfaatkanlah waktu liburan ini untuk kenal lebih dekat dengan tetangga kamu yang biasanya sama-sama sibuk. Diantara semua tetangga kamu, pasti ada yang sebaya. Cobalah berkunjung ke rumahnya dan ajak dia bermain bersama. Siapa tahu abis liburan nanti dia bisa bantu-bantu kamu.

7. Puaskanlah Hobi Kamu

Saat liburan adalah saat yang pas untuk melakukan semua hal yang kamu suka. Kebanyakan dari hobi itu bisa dilakukan di rumah. Seperti berkebun, menulis puisi, mendekorasi kamar, dll. Kembangkan juga hobi kamu. Siapa tahu hobi kamu itu bisa menghasilkan uang.

8. Buka Usaha

Selengkapnya: 5 Peluang Bisnis Selama Liburan

Wah boleh juga tuh. Biasanya kalau liburan, kita jarang dikasi uang jajan dari orangtua. Nah, cobalah buka bisnis kecil-kecilan yang lumayan laris saat liburan. Seperti jual alat tulis, buku tulis, dll.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment