Pengertian Kinematika (Artikel Lengkap)

loading...

Kinematika adalah cabang dari mekanika klasik yang menggambarkan gerak suatu objek atau sekelompok objek tanpa mempertimbangkan gaya penyebab gerak. Dalam bahasa Inggris “kinematika” disebut kinematics. Misalnya gerak jatuh benda yang tidak memperhatikan gaya gesek dari udara atau gerak bola menggelinding yang tidak memperhatikan gaya gesek dari permukaan lantai. Kinematika mempelajari persamaan untuk menggambarkan gerak benda.

Pengertian Kinematika

1. Asal Mula Kata Kinematika

Etimologi istilah “kinematika” berasal dari bahasa Inggris kinematics. Istilah tersebut merupakan versi bahasa Inggris dari cinématique yang dicetuskan oleh fisikawan Perancis A.M. Ampère. Istilah tersebut ia ambil dari dua kata bahasa Yunani yaitu κίνημα (kinema) yang berarti “gerakan, gerak” yang berasal dari κινεῖν (kinein) "bergerak".

2. Perbedaan Kinematika dan Dinamika

Kinematika dan dinamika sama-sama mempelajari gerak. Perbedaannya adalah kinematika tidak menghitung gaya penyebab gerak. Sedangkan dinamika menganalisis semua hal yang mempengaruhi pergerakan benda. Contohnya adalah perlambatan yang disebabkan oleh gaya gesek udara atau permukaan lantai.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment