Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi dan Tiga Dimensi

loading...

Seni rupa adalah cabang seni yang berupa karya seni yang dapat dilihat oleh mata dan dirasakan dengan rabaan. Seni rupa merupakan hasil pengolahan titik, garis, bentuk, volume, warna, tekstur, pencahaan, dll dengan aspek estetika. Berdasarkan dimensi, seni rupa dapat dibagi menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Berikut adalah pengertian seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Langsung saja kita simak yang pertama:

Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi dan Tiga Dimensi

1. Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi

Seni rupa dua dimensi adalah seni rupa yang berupa dua dimensi yakni panjang dan lebar serta hanya terlihat dengan jelas jika dilihat dari depan. Contoh seni rupa dua dimensi adalah lukisan dan relief. Biasanya seni rupa dua dimensi hanya dapat dijadikan sebagai seni rupa murni karena hanya untuk dinikmati keindahannya.

2. Pengertian Seni Rupa Tiga Dimensi

Seni rupa tiga dimensi adalah seni rupa yang berupa tiga dimensi yakni panjang, lebar, dan tinggi sehingga dapat dilihat dengan jelas dari segala sudut. Contoh seni rupa tiga dimensi adalah patung, arsitektur, furniture, dll. Seni rupa tiga dimensi dapat dijadikan karya seni rupa murni maupun seni rupa terapan karena memilki bentuk yang beragam.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment