Pengertian Seni Rupa (Artikel Lengkap)

loading...

pengertian seni rupaSeni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan yakni dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Istilah dalam bahasa Inggris disebut visual art. Seni rupa umumnya memiliki tiga dimensi, yakni panjang, lebar, dan tebal/tinggi.

Menurut fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni adalah seni rupa yang dibuat hanya untuk tujuan pemuas ekspresi pribadi dan dinikmati keindahannya saja. Sedangkan seni rupa terapan adalah seni rupa yang dibuat tidak hanya dinikmati keindahannya saja, tetapi dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh seni rupa adalah seni patung, seni lukis, seni pahat, dll.

Jika dijabarkan, maka seni adalah salah satu pemanfaatan budi dan akal untuk menghasilkan karya yang dapat menyentuh jiwa spiritual manusia. Rupa berarti wujud yang nyata atau visual. Jadi, secara harfiah seni rupa adalah ekspresi yang diungkapkan secara visual dan terwujud nyata.


Sumber:

Judul Alamat
1. Seni rupa http://id.wikipedia.org/wiki/Seni_rupa
2. PENGERTIAN SENI RUPA DAN CABANG-CABANGNYA http://yokimirantiyo.blogspot.com/2013/04/pengertian-seni-rupa-dan-cabang.html
3. Pengertian Seni Rupa Lengkap http://liveterbaru.blogspot.com/2013/11/pengertian-seni-rupa-lengkap.html
4. Pengertian Seni Rupa http://falahyunus.wordpress.com/2013/04/12/3/
5. Pengertian Seni Rupa dan Kegunaannya Bagi Masyarakat http://www.anneahira.com/pengertian-seni-rupa.htm


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

1 comment:

  1. Kalau Tatto masuk dalam seni rupa atau tidak sob hehehhhe
    masuk la ya kan ada wujud berarti ada rupa :-D

    ReplyDelete