Asal Mula Nama Singapura (Artikel Lengkap)

loading...

Asal Mula Nama SingapuraSingapura mendapatkan nama negaranya dengan cara yang cukup unik. Kala itu pendiri Singapura dari Sriwijaya yang bernama Sang Nila Utama, mengunjungi pulau tersebut dan mendengar suara auman. Ia kira itu adalah suara singa sehingga dinamakan Singapura. Padahal menurut penelitian, tidak pernah ada singa yang berhabitat alami di Singapura.

1. Etimologi Singapura

Kata “Singapura” berasal dari bahasa Melayu Palembang yang berarti “kota singa”, yang berasal dari bahasa Sansekerta. “Singa” berasal dari kata simha (सिंह) yang berarti “singa”. Sedangkan “pura” (पुर) dalam bahasa Sansekerta berarti “kota”. Nama ini mendapat pengaruh dari kerajaan Chola yang berasal dari India yang menggunakan bahasa Tamil, namun mereka lebih memilih bahasa Sansekerta untuk nama kerajaan.

Meskipun ada kata “singa”, namun penelitian terbaru menunjukan bahwa tidak pernah ada singa yang hidup disana. Mungkin saja makhluk yang dilihat oleh Sang Nila Utama, pendiri Singapura pada abad ke-13, adalah harimau.

2. Sejarah Nama Singapura

Catatan pertama yang mungkin menyebut Singapura adalah yang berasal dari abad ke-2 masehi, dimana kala itu diidentifikasikan sebagai pos perdagangan dalam berbagai kartografi. Astronom Yunani, Claudius Ptolemaeus, menyebut tempat dimana Singapura berada sekarang dengan sebutan “Sabana”.

Pada abad ke-3 masehi, penulis Tionghoa mendeskripsikan pulau Púluōzhōng (蒲罗中), yang mungkin merupakan transliterasi dari pulau Ujong (pulau Ujung), pulau terbesar di Singapura.

Seorang pelancong asal Cina, Wang Dayuan, mengunjungi Singapura pada sekitar tahun 1330. Dia menjelaskan bahwa disana terdapat sejumlah warga etnis Tionghoa di pemukiman yang disebut Dànmǎxí (淡马锡, dari bahasa Melayu Tamasik).

Nagarakretagama yang ditulis pada tahun 1365, juga menyebutkan bahwa ada pemukiman di sebuah pulau yang disebut Temasek (kota laut). Ini adalah nama awal Singapura dan terkadang masih digunakan hingga sekarang.

3. Nama Singapura saat Perang Dunia II

Jepang mengganti nama menjadi Singapura Shōnantō (昭南島), yang berasal dari bahasa Jepang "Shōwa no jidai ni eta minami no shima" ("和の時代に得た"), atau “pulau selatan yang diperoleh pada periode Shōwa”. Jepang mendudukinya sampai Inggris kembali menguasai pulau ini pada tanggal 12 September 1945, sebulan setelah Jepang menyerah.

4. Sebutan Singapura dari Berbagai Negara

Kebanyakan negara menyebut Singapura sebagai Singapore atau Singapura. Dalam bahasa Inggris disebut singapore. Berikut adalah beberapa sebutan negara ini oleh berbagai negara dan berbagai bahasa di dunia.

  1. Bahasa Mandarin: Xīnjiāpō Gònghéguó
  2. Bahasa Hokkien: Sin-ka-pho Kiōng-hô-kok
  3. Bahasa Kanton: Sāngabō Gùngwòhgwok
  4. Bahasa Hakka: Sîn-kâ-phô Khiung-fò-koet
  5. Bahasa Hokchiu: Sĭng-gă-pŏ̤ Gê̤ṳng-huò-guók
  6. Bahasa Melayu: Singapura
  7. Bahasa Tamil: Ciṅkappūr (சிங்கப்பூர்)
  8. Bahasa Khmer: Sernghakborey (សិង្ហបុរី)
  9. Bahasa Vietnam: Singapore
  10. Bahasa Korea: Singgaporeu (싱가포르)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

2 comments:

  1. Di pulai ini memang tidak ada singanya , tetapi mungkin ada komunitas warga INDIA, yaitu kaum SIKH yang hampir semuanya memakai nama Singh(a), mereka lah para singa-nya.

    ReplyDelete
  2. mana mungkin sang nila utama tersalah sangka menamakan singa jika dia sendiri tidak kenal dan pernah jumpa singa.. pada hemat saya kerana kedudukannya maka ia sesuai sebagai tempat persinggahan.. maka sesuai namanya singgah pura.. k٥ta persinggahan

    ReplyDelete