5 Tips Menghadapi Ulangan Umum

loading...

tips sukses ulangan umumUlangan umum tentu saja jauh lebih sulit ketimbang ujian nasional karena jumlah mata pelajaran yang sangat banyak dan terkadang tidak disertai dengan kisi-kisi ulangan umum. Maka dari itu, kita harus memiliki trik khusus untuk sukses saat ulangan umum dan mendapatkan nilai yang baik TANPA HARUS NYONTEK! Nah, bagaimana tips menghadapi ulangan umum? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Dengarkan dan Catat Kisi-Kisi yang Diberikan Guru

Biasanya, seorang guru yang baik akan memberikan kisi-kisi yang lengkap tentang soal-soal ulangan umum yang bakal keluar nanti. Jika nasib lagi tidak baik, maka kita hanya akan diberikan pernyataan “nanti yang keluar 40% dari semester 1 dan 60% dari semester 2”. Tentu saja kita tidak mungkin bisa mempelajari semua materi tersebut karena kita tidak hanya mempelajari mata pelajaran itu saja. Ada sekitar 10-15 mata pelajaran yang harus kita hadapi dalam waktu satu minggu.

Dengarkan dan catat dengan baik kisi-kisinya. Lebih baik lagi jika Anda telah menyiapkan lembaran khusus yang berisi tabel masing-masing mata pelajaran. Dibawahnya baru diisi kisi-kisi. Tujuannya supaya mempermudah Anda dalam belajar.

2. Latihan Soal

Terkadang guru memberi kisi-kisi berupa 10 sampai 20 soal jika soal ulangan essay semua. Tapi yang bakal keluar saat ulangan umum hanya 5 saja. Jawablah soal itu dengan baik dan catat jawabannya di buku catatan Anda. Kerjakan satu hari sebelum jadwal ulangan pelajaran tersebut. Jangan dijadikan contekan! Dengan begitu, secara tidak langsung kita akan mengingat semua jawaban dari soal-soal tersebut yang tentunya lebih mempermudah dalam menjawab soal ulangan umum.

3. Persiapkan Diri dengan Matang

Siapkan diri Anda dengan belajar minimal dua minggu sebelum ulangan umum. Belajarlah dengan serius. Pelajari mata pelajaran yang kita dapat besok dengan lebih serius. Tapi jangan sampai terlalu serius. Itu malah membuat konsentrasi belajar kita jadi buyar. Berilah sedikit waktu untuk beristirahat dan bersantai.tips menghadapi ulangan umum

4. Jaga Kondisi

Jagalah kondisi Anda dengan makan yang teratur dan rutin berolahraga. Siapkan obat P3K untuk berjaga-jaga jika Anda tiba-tiba sakit mendadak seperti maag, sakit kepala, dan diare. Karena kondisi badan yang buruk bisa mengganggu konsentrasi kita bahkan bisa bikin kita absen.

5. Selalu Berdoa

Saya menaruh ini di paling bawah bukan berarti saya merendahkannya, kelima poin ini sangatlah penting untuk diterapkan. Salah satunya adalah berdoa. Dengan berdoa, berarti kita meminta restu dari Tuhan. Tuhan akan selalu memudahkan kita jika kita meminta kepada-Nya. Ingat juga untuk selalu minta doa restu dari orangtua kita.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment