5 Tips Memilih Smartphone Online Shop yang Terpercaya

loading...

5 Tips Memilih Smartphone Online Shop yang TerpercayaMembeli smartphone di toko online memang mudah dan nyaman. Selain harganya tergolong murah, online shop biasanya menawarkan varian smartphone yang lebih lengkap daripada hanya mencari di konter HP. Namun, belakangan ini marak terjadi penipuan berkedok toko online smartphone. Maka dari itu, kita harus lebih jeli untuk memilih online shop yang terpercaya. Nah, berikut adalah tips dan saran dari saya untuk memilih smartphone yang terpercaya. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Jangan Tergiur Harga yang Kelewat Murah

Di Facebook seringkali ada orang yang menandai kita pada sebuah foto yang berisi penawaran smartphone di online shop dengan harga yang jauh lebih murah daripada yang ada di pasaran. Hati-hati, itu bisa saja penipuan! Anda bisa saja tidak akan mendapatkan apa-apa setelah membayar atau mendapatkan barang palsu/BM (black market).

2. Jangan Terlalu Percaya Testimoni

Testimoni bisa saja dibuat-buat oleh penipu. Testimoni adalah komentar dari orang yang telah membeli produknya yang berguna untuk meyakinkan calon pembeli lainnya. Anda jangan percaya pada testimoni yang ada pada website/situs online shop tersebut. Cobalah cari di internet tentang website tersebut. Biasanya korban penipuan akan marah-marah di forum macam Kaskus. Atau jika ada yang puas, mereka cukup jarang menyebarkan kepuasannya tersebut.

3. Periksa Ketersediaan Ponsel di Pasaran

Para penipu terkadang menjual produk yang sama sekali belum pernah ada di pasaran. Contohnya saja Blackberry Android OS. Blackberry tidak pernah menggunakan Android. Bisa saja itu adalah ponsel Android berdesain mirip Blackberry Z10 yang telah terinstall BBM. Atau bisa saja produk yang dijual itu tidak ada di Indonesia saat ini. Bisa saja itu BM atau palsu. Maka dari itu, carilah di internet tentang ketersediaan produk tersebut di Indonesia.

4. Buka Situs Resmi Smartphone Idaman Anda

Setiap Smartphone dengan merek yang cukup terkenap selalu mempunyai situs resmi berbahasa Indonesia (jika produknya ada di Indonesia). Di dalam situs resmi tersebut biasanya tercantum situs online shop yang menjual produknya. Bisa dipastikan kalau online shop yang tercantum di situs resmi smartphone tersebut adalah situs terpercaya. Contoh: Cobalah buka situs nokia.co.id untuk mencari info tentang Nokia X, di bagian “Beli Sekarang” pasti tercantum online shop yang menjualnya.

5. Online Shop yang Beriklan di Koran dan Televisi Umumnya Terpercaya

Tidak mungkin para penipu berani mengeluarkan uang sebanyak itu untuk beriklan. Mereka hanya memanfaatkan orang awam yang tidak tau apa-apa soal seluk beluk toko online. Maka dari itu, saya juga merekomendasikan untuk belanja smartphone dari toko online yang sering beriklan di koran dan televisi.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

2 comments: