3 Perbandingan English Teaching di Negara Maju dan Negara Berkembang

loading...

Perbandingan English Teaching di Negara Maju dan Negara BerkembangMayoritas sekolah-sekolah di negara maju dan negara berkembang menuntut siswanya agar mampu menguasai bahasa Inggris. Walaupun tidak semua negara menggunakan bahasa Inggris dalam pergaulan sehari-hari. Karena kondisi sistem pendidikan yang berbeda, maka sistem pengajaran bahasa Inggris (english language teaching method) di negara maju dan negara berkembang sedikit berbeda. Berikut adalah perbandingan metode pengajaran bahasa Inggris di negara maju dan negara berkembang. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Belajar Bahasa Inggris di Masa Lalu

(Baca juga: Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia)

Dahulu, siswa di negara maju seringkali hanya diajarkan bahasa Inggris dan tidak belajar bahasa ibu. Itu dikarenakan orang-orang pada masa itu dianggap lebih berkelas jika berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

Sedangkan di negara berkembang hanya difokuskan kepada bahasa ibu bahkan bahasa Inggris sering tidak diajarkan sama sekali. Itu karena mereka masih belum memahami pentingnya menguasai bahasa Inggris. Bahasa Inggris juga ditolak dalam pergaulan di negara berkembang pada saat itu.

2. Metode Pengajaran Bahasa Inggris

Sekolah-sekolah di negara maju sering menerapkan metode langsung (direct method) dalam mengajar bahasa Inggris. Metode langsung adalah metode di mana guru langsung menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar tanpa menggunakan bahasa yang biasa digunakan siswa. Jika ada kata-kata yang sulit dipahami, maka guru akan mengartikannya dengan gambar, isyarat, atau alat peraga.

Sedangkan di negara berkembang (mengambil contoh dari Indonesia) sering menggunakan metode alami (natural method). Metode alami adalah metode dimana siswa diajak belajar seperti belajar bahasa ibu. Awalnya mereka diajarkan mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Sesekali mereka diperkenalkan berbagai kosakata (vocabulary) baru.

3. Belajar Bahasa Inggris di Masa Kini

Saat ini, negara maju mulai memahami pentingnya mempelajari bahasa ibu. Maka dari itu, setiap anak diharuskan untuk fasih berbahasa Inggris, tetapi mereka juga harus fasih menggunakan bahasa ibu mereka.

Sementara itu di negara berkembang, bahasa Inggris mulai diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Namun, mereka tetap lebih fokus belajar bahasa ibu mereka. Banyak siswa yang hanya fasih menggunakan bahasa ibu mereka atau mereka hanya bisa mengartikan teks berbahasa Inggris saja dan kurang mampu mendengarkan, berbicara, ataupun menulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Mereka akan serius belajar bahasa Inggris ketika itu memang diperlukan. Misalnya saat hendak bekerja ke luar negeri.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Metode Anak Belajar Bahasa Inggris http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/tatabahasainggris/metode-anak-belajar-bahasa-inggris.aspx
2. METODE PENGAJARAN BAHASA INGGRIS http://yuyuniim.blogspot.com/2012/12/metode-pengajaran-bahasa-inggris.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment