Letak Astronomis dan Kondisi Geografis Thailand

loading...

Letak Astronomis dan Kondisi Geografis ThailandThailand merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara. Sesungguhnya luas Thailand jauh lebih besar dari yang sekarang kita lihat. Namun, ketika Eropa menguasai kawasan Asia Tenggara pada tahun 1800-an, Thailand dijadikan zona penyangga antara Myanmar yang dikuasai Inggris dan Prancis menguasai kawasan Indocina bagian timur. Hal itu menyebabkan Thailand kehilangan lebih dari 50% wilayahnya. Letak astronomis dan kondisi geografisnya yang tropis membuat Thailand menjadi lumbung padi bagi Asia Tenggara. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah sedikit penjelasan tentang letak astronomis dan kondisi geografis Thailand. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

1. Letak Astronomis Thailand

Letak astronomis Thailand yaitu 5˚LU - 21˚LU dan 97˚BT – 106˚BT. Hal itu membuat Thailand berada di daerah tropis yang cocok untuk pembudidayaan sawah.

2. Kondisi Geografis Thailand

Medan di Thailand kebanyakan merupakan dataran tinggi. Sebagian besar Thailand utara terdiri dari pegunungan. Dataran rendah terdapat pada daerah di sekitar aliran sungai Chao Phraya yang mengalir ke teluk Thailand. Terdapat teluk Bangkok di sebelah selatannya. Gunung tertinggi di Thailand adalah gunung Doi Inthanon dengan ketinggian 2.565 meter diatas permukaan laut.

Pemerintah membagi Thailand menjadi enam wilayah geografis. Keenam wilayah geografis berbeda dalam hal populasi, sumber daya alam, kontur alam, dan tingkat pembangunan sosial dan ekonomi. Secara politis, Thailand terdiri dari 77 provinsi termasuk Bangkok. Penamaan provinsi disesuaikan dengan nama ibukota provinsi masing-masing.

Luas Thailand mencapai 513.120 kilometer persegi. Menjadikannya sebagai negara terluas ke-51 di dunia. Sedikit lebih kecil dari Yaman dan sedikit lebih luas dari Spanyol. Thailand memiliki panjang negara 1.609 km dan lebar 805 km.

Thailand berbatasan dengan Laos dan Myanmar di sebelah utara, dengan Malaysia di selatan, dan dengan Laos dan Kamboja di timur. Wilayah Thailand memanjang sampai ke semenanjung Malaya.


Sumber:

Judul

Alamat

1. letak astronomis negara ASEAN http://adityabersahaja.blogspot.com/2012/04/letak-astronomis-negara-asean.html
2. Geography of Thailand http://en.wikipedia.org/wiki/Geography_of_Thailand
3. Thailand http://en.wikipedia.org/wiki/Thailand
4. Thailand http://id.wikipedia.org/wiki/Thailand
5. Deskripsi Negara Thailand http://glekhoba.blogspot.com/2010/10/deskripsi-negara-thailand.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment