18 Contoh Kebutuhan Primer (Beserta Foto)

Contoh Kebutuhan PrimerKebutuhan menurut intensitas kegunaannya dibedakan menjadi tiga. Yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan primer adalah kebutuhan dasar atau kebutuhan minimal yang harus dipenuhi manusia agar hidup layak. Jika tidak dipenuhi, kelangsungan hidup manusia akan terganggu. Berikut adalah contoh kebutuhan primer. Langsung saja kita simak selengkapnya…..
Kebutuhan primer yang paling utama terdiri dari 3, yaitu sandang, pangan, dan papan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Sandang

sandang

(Merupakan bagian dari materi lengkap tentang Kebutuhan dan Kelangkaan Sumber Daya)

Sandang berarti pakaian. Pakaian berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan untuk menutup aurat. Pada jaman purbakala memang manusia belum membutuhkan pakaian. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pakaian menjadi sangat dibutuhkan dan menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi.
Memang tanpa sandang seseorang masih bisa bertahan hidup. Tetapi jika seseorang tidak mengenakan pakaian, maka umumnya dia akan merasa kedinginan, masuk angin, dan merasa malu untuk bergaul dengan orang lain.
Saat ini, penggunaan pakaian tidak hanya sebatas sebagai penghangat tubuh dan penutup aurat saja. Tetapi juga sebagai penghias tubuh dan sebagai penunjuk status sosial.

2. Pangan

panganPangan berarti makanan (termasuk juga minuman). Makanan adalah kebutuhan pokok yang paling utama dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Tanpa pangan, manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Pangan juga berfungsi sebagai pemberi nutrisi bagi pertumbuhan seseorang. Oleh sebab itu, makanan yang layak dan sehat adalah kebutuhan setiap orang. Pangan tersebut berupa sembako (sembilan bahan pokok: Beras, sagu, dan jagung; gula pasir; sayur-sayuran dan buah-buahan; daging; minyak goreng dan margarin; susu; telur; minyak tanah atau LPG; dan garam beriodium dan bernatrium).
Kini, fungsi pangan tidak sebatas sebagai alat pengganjal perut saja. Tetapi juga digunakan sebagai alat untuk memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh dan juga sebagai salah satu alat pemuas hidup (contohnya adalah makanan yang enak). Selain itu, pangan juga bisa sebagai alat penunjuk status sosial. Seperti orang yang membeli nasi di warung beda status sosialnya dengan orang yang membeli nasi di restoran mewah.

3. Papan

papan perumahanPapan berarti rumah atau tempat tinggal. Papan merupakan salah satu kebutuhan pokok. Memang tanpa tempat tinggal manusia masih bisa bertahan hidup, namun tanpa tempat tinggal manusia tidak terlindungi dari hujan, angin malam yang dingin, binatang buas, pencuri, juga manusia akan mendapatkan gangguan psikologis.
Papan juga berfungsi sebagai penunjuk status sosial. Seperti orang yang tinggal di rumah yang sederhana atau kos-kosan status sosialnya berbeda dengan orang yang tinggal di apartemen atau rumah mewah.


Jika ketiga kebutuhan primer tersebut diurutkan menurut skala prioritas, maka akan menjadi: Pangan, sandang, papan.
Selain itu, ada beberapa kebutuhan pokok yang harus dipenuhi seiring perkembangan jaman. Kebutuhan tersebut haruslah dipenuhi dengan standar kelayakan. Contoh-contoh kebutuhan primer tersebut antara lain:
  1. Pendidikan
  2. Pekerjaan
  3. Seksual
  4. Kesehatan
  5. Pengetahuan
  6. Informasi
  7. Teman
  8. Kasih sayang
  9. Keselamatan
  10. Keamanan
  11. Ketentraman
  12. Mencintai dan dicintai
  13. Berhubungan
  14. Keberadaannya diperhitungkan oleh orang lain
  15. Menunjukkan kemampuan dan prestasi
Sumber: Abraham Maslow, seorang pakar psikologi. Beberapa dan kebutuhan primer tersebut termasuk dalam hak asasi manusia. Kebutuhan tersebut sudah dijamin oleh negara dan masyarakat. Namun beberapa juga diatur sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di negara atau masyarkat tersebut.
Nah, apakah Anda sudah memiliki semua kebutuhan primer tersebut?


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran






3 comments:

  1. mau kasih saran aja.. kalau ada referensi sebaiknya referensinya juga di cantumkan dengan lengkap. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas sarannya. Saya telah mencantumkan sumbernya di bagian bawah artikel ini. Boleh saya tahu apa yang kurang supaya kedepan bisa lebih baik lagi? :)

      Delete
  2. nice info tapi kayaknya semakin berkembang kemajuan teknologi, semakin banyak deh kebutuhan pokok di jaman sekarangn ini dan tuntutan hidup semakin banyak loch,..

    bahkan air dan oksigen yang bersih juga merupakan kebutuhan pokok yang sulit di dapat karena sudah terkena polusi baik dari industri maupun dari yang lainnya..

    oh ya sekedar sharing aja kalo anda mau ikutan bisnis terapi air minum berkadar oksigen tinggi dengan proses MreT..
    air di jamin bersih tanpa sentuhan bahan kimia... dan sebagai pelarut yang baik..
    cocok untuk segala jenis penyakit

    http://oxygensehat.blogspot.com/

    ReplyDelete