6 Hubungan Kelangkaan dengan Kebutuhan

loading...

6 Hubungan Kelangkaan dengan KebutuhanKebutuhan adalah segala sesuatu yang harus dipenuhi untuk melangsungkan kehidupan. Sedangkan kelangkaan adalah suatu kejadian dimana jumlah barang pemuas kebutuhan tidak sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, hubungan kelangkaan dengan kebutuhan itu sangatlah erat.

Kelangkaan disebabkan oleh jumlah kebutuhan yang semakin banyak dan beragam. Faktor utamanya adalah jumlah penduduk, jumlah alat pemuas kebutuhan, dan sifat alami manusia yang tidak pernah puas.

(Selengkapnya baca artikel tentang pengertian kelangkaan)

Kelangkaan tidak selalu terjadi saat kebutuhan meningkat. Bisa saja saat kebutuhan meningkat, alat pemuas kebutuhan juga meningkat. Seperti saat permintaan buku dan alat tulis meningkat pada jelang tahun ajaran baru, maka produsen akan meningkatkan produksi buku dan alat tulis untuk mengejar keuntungan.

Kelangkaan juga bisa terjadi apabila kualitas suatu alat pemuas kebutuhan tidak layak padahal jumlahnya banyak. Seperti air bersih di daerah sekitar sungai di perkotaan sangatlah langka walaupun terdapat sungai tetapi airnya sangat kotor dan tidak layak untuk digunakan.

(Selengkapnya baca artikel tentang kebutuhan dan kelangkaan sumber daya)

Bedakan kebutuhan dengan keinginan. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus kita penuhi seperti sandang, pangan, papan. Sementara keinginan adalah sesuatu yang seharusnya kita penuhi setelah semua kebutuhan kita terpenuhi seperti kendaraan, rumah mewah, perhiasan, dll.

Kelangkaan terjadi apabila manusia hanya melakukan kegiatan konsumsi dan jarang berproduksi. Dengan begitu, kebutuhan akan menjadi semakin meningkat sementara jumlah alat pemuas kebutuhan semakin menurun.

(6 hubungan kelangkaan dengan kebutuhan ditunjukkan dengan jumlah paragraf di atas)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian
loading...

No comments:

Post a Comment