3 Bagian Utama Ginjal Manusia

loading...

3 Bagian Utama Ginjal Manusia (yang dicetak tebal)Ginjal merupakan salah satu bagian dari sistem ekskresi pada manusia. Ginjal adalah organ yang berfungsi sebagai penyaring darah dan mengekskresikannya melalui urine. Manusia memiliki sepasang ginjal yang berukuran panjang sekitar 10 cm. Ginjal pada manusia terdiri dari 3 bagian utama yaitu korteks (kulit ginjal), medula (sumsum ginjal), dan pelvis (rongga ginjal). Nah berikut adalah penjelasan dari 3 bagian utama ginjal manusia tersebut:

Selengkapnya baca artikel tentang Bagian-Bagian Ginjal.

1. Korteks (Kulit Ginjal)

Korteks adalah lapisan bagian terluar pada ginjal. Pada bagian korteks terdapat jutaan nefron yang terdiri dari badan malpighi dan tubulus (saluran). Badan malpighi terdiri atas glomerulus yang diselubungi kapsula bowman. Tubulus terbagi menjadi tubulus kontortus proksimal (dekat dengan malpighi), tubulus kontortus distal (menjauhi malpighi), dan tubulus kolektivus (menuju kandung kemih).

Korteks pada ginjal berfungsi sebagai regulator air dan zat terlarut (terutama elektrolit) dalam tubuh dengan cara menyaring darah, kemudian mereabsorpsi cairan dan molekul yang masih diperlukan tubuh. Molekul sisa dan cairan sisa lainnya akan dibuang.

2. Medula (Sumsum Ginjal)

Medula adalah lapisan dalam ginjal. Medula terdiri atas beberapa badan membentuk piramida (kerucut). Di sini terdapat lengkung henle ascenden (naik) dan lengkung henle descenden (turun). Lengkung ini menghubungkan antara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Disini, hasil  penyaringan dari korteks diserap zat-zat pentingnya, seperti garam, gula, dan asam amino. Bagian ini berfungsi untuk mengkonsentrasikan urine.

3. Pelvis (Rongga Ginjal)

Pelvis adalah tempat penampungan urine yang kemudian mengalirkannya ke ureter. Jadi, rongga ginjal menjadi tempat bermuaranya tubulus. Urine dari rongga ginjal kemudian menuju kandung kemih (vesika urinaria) melalui ureter. Urine disimpan untuk sementara waktu dalam kandung kemih. Selanjutnya, urine dikeluarkan dalam tubuh melalui saluran uretra.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

4 comments:

  1. kurang lengkap. makasih-_-

    ReplyDelete
  2. Yeay ketemu jawabannya.makasih

    ReplyDelete
  3. sedikit tapi membantu, thanks :D

    ReplyDelete