Pengertian Negara Maju

Negara maju adalah Istilah yang digunakan untuk menguraikan negara-negara yang dihitung menikmati tingkat pembangunan yang tinggi berdasarkan ukuran-ukuran tertentu seperti tingkat kesejahteraan rakyat dan kualitas hidup yang tinggi. Ada juga yang mendefinisikan negara maju sebagai negara yang sektor perindustriannya meningkat pesat, memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, mampu mengelolah sumber daya alam dengan baik, dan memiliki kemajuan dibidang pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Kebanyakan negara dengan GDP (produk domestik bruto) per kapita tinggi dianggap negara maju. Namun beberapa negara yang telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan phosphorus) tanpa mengembangkan industri yang beragam dan ekonomi berdasarkan jasa tidak dianggap memiliki status ’maju’.

Sebenarnya, belum ada pengertian yang lugas mengenai negara maju maupun negara berkembang yang dapat dirumuskan secara pasti. Karena belum tentu semua warga di negara yang dianggap maju memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi.

Biasanya, faktor yang menentukan negara tersebut maju adalah GDP yang tinggi, perekonomiannya dikuasai oleh sektor tersier dan kuartener, IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang tinggi, pendapatan negara yang tinggi, kualitas pendidikan yang tinggi, dll.

Pengertian negara maju menurut Kofi Annan, mantan Sekjen PBB, seperti berikut: "Negara maju adalah negara yang memungkinkan semua warganya menikmati kehidupan yang bebas dan sehat dalam suasana yang aman."

Pada umumnya, negara-negara maju berada di Amerika Utara, Eropa, Asia Utara, Asia Timur, Singapura, dan Australia. (Selengkapnya baca artikel tentang Peta Dunia Negara Maju dan Berkembang).

Untuk mengetahui negara apa sajakah yang termasuk negara maju silakan mengunjungi artikel saya yang berjudul Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar