Rangkuman: Negara Maju dan Negara Berkembang

pemandangan kota New York dari udara. New York adalah bagian dari negara Amerika Serikat yang merupakan salah satu negara maju di dunia

Menurut tingkat kemajuan, negara-negara di

dunia digolongkan menjadi:

  1. Negara maju (developed country): adalah negara yang ditandai
    dengan pendapatan perkapita tinggi dan
    kualitas penduduk yang tinggi.
  2. Negara berkembang: ditandai dengan pendapatan
    perkapita dan kualitas penduduk
    yang relatif rendah.
  3. Negara industri baru (newly industrialized country):
    negara berkembang yang sedang merintis
    perekonomiannya ke arah industri
    maju.

Ciri-ciri negara maju:

  1. Tingkat pertumbuhan penduduk rendah.
  2. Kualitas penduduk tinggi.
  3. Teknologi berkembang pesat.
  4. Industri menjadi tulang punggung perekonomian.
  5. Pengolahan sumber daya alam dilakukan
    dengan maksimal.

Ciri-ciri negara berkembang:

  1. Jumlah dan tingkat pertumbuhan penduduk
    besar serta penyebaran kurang merata.
  2. Kualitas penduduk masih rendah.
  3. Teknologi masih belum berkembang.
  4. Industri belum berkembang. Perekonomian
    negara masih didominasi oleh sektor
    agraris.
  5. Pengolahan sumber daya alam masih kurang
    maksimal.

Contoh negara menurut penggolongan:

  • Negara maju: Inggris, Jerman, Amerika Serikat,
    Jepang, Australia, dan Selandia Baru.
  • Negara berkembang: Nikaragua, Panama Afrika
    Selatan, India, Malaysia, Indonesia.
  • Negara industri baru: Singapura, Hongkong,
    Korea Selatan, Taiwan, Argentina, Brasil,
    Meksiko, Yunani, Portugal, dan Spanyol.
Tahap-tahap perkembangan negara menurut W.W. Rostow terbagi menjadi
lima tahapan yaitu: tahap masyarakat tradisional (traditional society stage),
tahap prakondisi lepas landas (precondition for take off stage), tahap lepas
landas (take off stage), tahap gerak menuju kematangan (drive for maturity
stage) serta tahap konsumsi massa tinggi (age of high mass consumption
stage).
Berdasarkan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang, Michael Todaro
membagi wilayah negara-negara di dunia menjadi dua kawasan yaitu
kawasan Utara untuk menyebut negara-negara maju dan kawasan Selatan
untuk menyebut negara-negara berkembang.

Artikel bermanfaat lainnya:



Lanjut ke Negara Maju dan Negara Berkembang (Bagian 1)

tetap kunjungi hedisasrawan.blogspot.com yaa

36 komentar:

  1. ngara majoe bsa lbih mmpr ko2h negara

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, kami tidak mengerti dengan komentar anda. Silakan tulis komentar anda dengan jelas. Makasii :)

      Hapus
    2. kentara sekali bodohnya nih orang,

      Hapus
    3. dasar orang gak berpendidikan comment gak jelas

      Hapus
  2. wah bang, makasih ya, mayan nih buat ulangan kelas 9 nanti. ty ...

    BalasHapus
  3. Kak terimah kasih atas rangkumanya,,,kebetulan catatan sya msh krg lengkap.,,,dgn adanya rangkuman ini sya akan lengkapai catatan sya....

    Tengs banget kak yaaa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasama :)
      Makasii juga yaa dik :)

      Kalau adik minta request artikel dll. Silakan hubungi kakak :)

      Hapus
  4. ka ada daftar pustakanya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, saya telah lupa daftar pustaka artikel ini apa saja.

      Tetapi saya selalu menjadikan buku-buku (baik itu buku pelajaran, ensiklopedia, majalah, koran, makalah, dan lain sebagainya ), berbagai sumber di internet, dan membuat artikel ini akurat dengan bertanya ke narasumber yang tepat.

      Makasii :)

      Hapus
  5. kakak kalau negara berkembang dikawasan Afrika apa ajah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua negara berkembang di kawasan benua Afrika merupakan negara berkembang dik :)

      Selengkapnya ada di artikel http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/10/daftar-negara-maju-dan-berkembang-di_25.html :)

      Hapus
  6. Mas yang michael todaro tuh membagi wilayah negara-negara di dunia menjadi dua kawasan yaitu
    kawasan Utara untuk menyebut negara-negara maju dan kawasan Selatan
    untuk menyebut negara-negara berkembang.
    kawasan Utara untuk menyebut negara-negara maju.
    Hal tersebut dikarenakan???


    Mongo Dtungu Jawaban nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar (menurut saya) hal itu terjadi karena kondisi iklim di sana. Negara maju umumnya terletak di wilayah yang terdapat 4 musim. Disana terdapat musim dingin yang tidak memungkinkan orang untuk kemana-mana. Jadi, mereka harus bekerja lebih keras dan melakukan berbagai inovasi supaya dia bisa berlibur di tempat tropis saat musim dingin atau setidaknya dapat memenuhi kebutuhan pangan saat musim dingin.

      Untuk Singapura lain lagi. Negara itu menjadi negara maju karena posisi negara tersebut yang sangat strategis.

      Hapus
    2. Maaf kaka, kalo menurut saya mengapa disebut negara utara-selatan, menurut refrensi lain, dikarenakan negara maju banyak berada di bagian utara bumi, contohnya amerika serikat dan Russia kedua nya adalah negara maju yang berada di bagian utara bumi begitu juga dengan RRC, demikian sebaliknya dengan negara berkembang, mohon diluruskan jika ada yang kurang tepat :))

      Hapus
  7. mau nanya, menurut anda, ada gak sih negara berkembang yang berhasil keluar dari ketergantungannya terhadap negara maju? kalo ada, contohnya negara mana? kemudian negara mana saja yang gagal lepas dari ketergantungan??? :) mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm ada. Contohnya China dan Korea Utara. China masih bekerjasama dengan negara maju lainnya. Sementara Korea Utara sama sekali tertutup dengan dunia luar.

      Yaa hampir setiap negara berkembang. Salah satunya adalah Indonesia. Buktinya kita masih mengimpor beras dan bahkan masyarakat Indonesia ada banyak yang konsumtif dengan produk luar negeri :)

      Hapus
  8. mkasih ats infox... pljrn kls 9

    BalasHapus
  9. Artikel permasalahan yang terjadi di negara maju & berkembang ada nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih kami proses :) Makasii requestnya :D

      Hapus
  10. mkksih ya informasinya , bermanfaat bnget ni buat tugas sekolah ;)

    BalasHapus
  11. kak,,,apa perbedaan per kepita negara berkembang dan negara maju??

    BalasHapus
    Balasan
    1. negara berkembang pada umumnya pendapatan per kapitanya lebih rendah dibandingkan pendapatan per kapita di negara maju :)

      Hapus
  12. Terima kasih. Artikel sangat membantu. Keep Update! ;)

    BalasHapus
  13. Ini menurut UNDP tahun brp ya???? yg terbaru bkn??? btw TY infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami selalu berusaha untuk menjaga supaya data yang kami dapat adalah data yang terbaru :)

      Hapus
  14. kak, kalo boleh tau,
    negara apa aja yg ada di negara dunia pertama (dunia barat), negara dunia kedua dan negara dunia ketiga?
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  15. Wah! Makasih banyak nie kak, kebetulan sya sedang bjar materi ini. Dan dibuku menurut sya kurang lengkap, klo bleh sya request sya mau minta materi "Negara kesatu, kedua dan ketiga" trima kasih :)

    BalasHapus
  16. saya tambahin, ciri negara maju pendapatan perkapita tinggi, ciri negara berkembang pendapatan perkapita rendah.
    Makasih, visit diatrian.blogspot.com ya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...