Bagaimana Memaksimalkan 10 Jejaring Sosial untuk Wirausaha

loading...

Social Media Logotype BackgroundApakah Anda kini sedang membuat toko seperti toko baju, toko pernak-pernik, dll? Apakah Anda ingin supaya setiap produk Anda dikenal luas sehingga brand Anda juga dikenal luas? Untuk itu marilah kita gunakan sarana online khususnya jejaring sosial. Karena dunia maya (online) jangkauannya sangat luas bahkan mendunia. Selain itu, Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan pengguna online terbesar di dunia. Maka dari itu, kita perlu memaksimalkan sarana online demi mengembangkan usaha kita. Nah, berikut akan saya tunjukkan bagaimana cara menggunakan 10 jejaring sosial yang cukup populer. Langsung saja kita simak yang pertama:

Facebook1. Facebook

Buatlah sebuah fanspage di Facebook, seperti fanspage saya di Facebook. Kembangkan juga penggemar fanspage Anda dengan berpromosi atau juga bisa dengan cara beriklan. Tetaplah terlihat profesional di Facebook.

Twitter2. Twitter

Twitter adalah salah satu jejaring sosial yang paling populer di Indonesia. Buatlah sebuah akun Twitter dan promosikan produk Anda disana. Kembangkan juga jumlah follower di akun Twitter Anda. Contohnya adalah pada akun Twitter saya.

Youtube3. Youtube

Youtube adalah jejaring sosial berbasis video terbesar di dunia dan juga di Indonesia. Buatlah akun khusus usaha Anda dan unggahlah video yang menunjukkan keunggulan produk Anda.

Blogger4. Blogger

Blogger adalah sarana terbaik dan cukup efektif untuk mengenalkan produk Anda di ranah maya. Jelaskan secara detail tentang produk Anda dan berbagilah sesuatu yang mungkin bermanfaat bagi pengunjung blog Anda. Contohnya yaa seperti blog saya ini.

Kaskus5. Kaskus

Kaskus adalah forum maya terbesar di Indonesia. Maksimalkan forum ini karena komunitasnya sangat banyak dan Anda juga bisa berjualan di forum jual beli. Sehingga semakin banyak orang yang melihat produk Anda dan tertarik untuk membeli produk Anda.

Linkedin6. Linkedin

Linkedin adalah jejaring sosial khusus profesional. Gunakan Linkedin untuk mencari orang yang berminat berinvestasi kepada Anda.

Instagram7. Instagram

Buatlah akun Instagram dan uploadlah foto tentang produk Anda. Orang-orang pasti akan lebih tertarik dengan produk Anda jika foto dihiasi dengan efek yang menarik.

Google 8. Google+

Meskipun Google+ belum populer di Indonesia, tetapi Anda harus menggunakan Google+ jika Anda menggunakan layanan Blogger. Karena supaya SEO Anda bagus dan pengunjung blog Anda meningkat.

Slideshare9. Slideshare

Slideshare adalah jejaring sosial berbasis presentasi. Presentasikanlah kepada konsumen tentang produk Anda dan buatlah mereka supaya tertarik dengan produk Anda.

Pinterest10. Pinterest

Aktiflah di Pinterest. Disana terdapat banyak sekali informasi yang bisa Anda posting, repin, dan komentari untuk menunjukkan produk Anda.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian
loading...

No comments:

Post a Comment