5 Masalah Kesehatan Negara Berkembang

loading...

5 Masalah Kesehatan Negara BerkembangSeperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa negara berkembang adalah negara yang belum keseluruhan rakyatnya menikmati taraf hidup yang layak. Jadi, secara tidak langsung pula berdampak pada masalah kesehatan. Masyarakat di negara berkembang belum dapat menjangkau akses kesehatan yang layak. Lain halnya dengan negara maju. Bahkan di beberapa tempat sangat sulit untuk menemukannya. Berbagai masalah seperti kurangnya kesadaran akan kebersihan, merawat diri, memeriksakan kesehatan, menjaga kesehatan, dan kurangnya rumah sakit merupakan salah satu contoh masalah kesehatan di negara berkembang.

Karena kondisi negara yang masih berkembang, tentu saja jumlah rumah sakit masih kurang dibandingkan luas negara dan jumlah penduduk di negara tersebut. Faktor penyebabnya adalah kurangnya dana, kurangnya tenaga medis, dan kurangnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya rumah sakit.

Karena pengetahuan akan kesehatan pada sebagian masyarakat negara berkembang masih kurang, maka mereka tidak pernah menjaga kesehatannya. Mereka tidak mengerti dengan manfaat kebersihan lingkungan sehingga mereka selalu membuang sampah sembarangan. Mereka juga terlalu paham dengan cara menggunakan obat alami ataupun cara penanganan suatu penyakit seperti batuk, flu, dll.

Angka kematian bayi dan anak juga lebih tinggi di negara berkembang. Hal ini disebabkan oleh penanganan ibu hamil yang kurang tepat, kurang tersedianya imunisasi, kurangnya gizi pada balita, ataupun karena diare. Kurangnya rumah sakit serta akses menuju rumah sakit lah yang kerap kali menjadi penyebabnya.

Pendidikan yang kurang merata juga menjadi awal dari masalah kesehatan di negara berkembang. Pendidikan yang kurang mengakibatkan kurangnya tenaga medis. Apalagi ditambah dengan biaya masuk kedokteran itu sangat mahal.

Daerah perkotaan di negara berkembang umumnya kumuh, banyak debu, banyak asap kendaraan bermotor, dan banyak sampah. Hal ini disebabkan oleh kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan yang kurang dan juga karena kemiskinan. Inilah yang menyebabkan banyak masyarakat perkotaan yang terkena penyakit gangguan pernapasan dan juga diare.

Jadi, masalah kesehatan negara berkembang adalah sebagai berikut:

  1. Kurangnya rumah sakit
  2. Kurangnya tenaga medis
  3. Kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan
  4. Kurangnya transportasi massal sehingga setiap orang menggunakan kendaraan bermotor
  5. Banyak tempat kumuh

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment