10 Contoh Ladang Minyak Dunia

loading...

Ladang minyak adalah wilayah yang terdapat banyak sumur minyak yang menghasilkan minyak bumi dari bawah tanah. Sumur minyak pertama di dunia terletak di Polandia pada tahun 1853. Saat ini terdapat lebih dari 65.000 ladang minyak dengan jutaan sumur minyak di seluruh dunia. Namun, 94% minyak yang dihasilkan dunia hanya terdapat di kurang dari 1.500 ladang minyak utama. Sebagian besar ladang minyak terdapat di Timur Tengah. Berikut adalah beberapa contoh ladang minyak terbesar di dunia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Proses Pembentukan Minyak Bumi (Materi Lengkap)
10 Contoh Ladang Minyak Dunia

1. Ladang Minyak Ghawar

Ladang Minyak Ghawar adalah ladang minyak yang terletak di Provinsi Timur, Arab Saudi. Ladang minyak ini adalah yang terbesar di dunia dan menyumbang lebih dari setengah produksi minyak di Arab Saudi. Ladang Minyak Ghawar sepenuhnya dimiliki dan ditambang oleh Saudi Aramco (perusahaan minyak nasional Arab Saudi). Produksi mencapai 5 juta barrel per hari dengan total cadangan minyak yang mencapai 75 sampai 83 milyar barrel.

2. Ladang Minyak Burgan

Ladang Minyak Burgan adalah ladang minyak yang terletak di daerah gurun bagian tenggara di Kuwait. Ladang minyak ini adalah yang terbesar kedua di dunia setelah Ghawar dan dioperasikan oleh Kuwait Oil Company, sebuah perusahaan minyak milik Amerika Serikat dan Inggris. Produksi mencapai 1,7 juta barrel per hari dengan total cadangan minyak yang mencapai 66 sampai 72 milyar barrel.

3. Ladang Minyak Cantarell

Ladang Minyak Cantarell adalah ladang minyak yang terletak di Meksiko. Ladang minyak yang ditemukan pada tahun 1976 ini dikelola oleh Pemex. Produksi mencapai 0,34 juta barrel per hari dengan total cadangan minyak yang mencapai 35,18 milyar barrel.

4. Ladang Minyak Pesisir Bolivar

Ladang Minyak Pesisir Bolivar adalah ladang minyak yang terdiri dari 6.000 sampai 7.000 sumur minyak yang membentang sepanjang 35 mil di sepanjang pantai timur laut Venezuela. Ladang minyak ini ditemukan pada tahun 1917. Produksi mencapai 2,6 sampai 3 juta barrel per hari dengan total cadangan minyak yang mencapai 30 sampai 32 milyar barrel.

5. Ladang Minyak Rumaila

Baca juga: Komposisi Minyak Bumi (Materi Lengkap)

Ladang Minyak Rumaila terletak di bagian selatan Irak tepatnya sekitar 32 km dari perbatasan Kuwait. Ladang minyak ini ditemukan pada tahun 1953 dan dikelola oleh tiga perusahaan yaitu BP (47,6%), CNPC (46,4%), dan SOMO (6%). Produksi mencapai 1,3 juta barrel per hari dengan total cadangan minyak mencapai 17 milyar barrel.

6. Ladang Minyak Tengiz

Ladang Minyak Tengiz terletak di barat laut Kazakhstan tepatnya di sepanjang pantai timur laut Laut Kaspia. Tengiz berasal dari bahasa Turki yang berarti “laut”. Ladang minyak ini dioperasikan oleh Tengizcevroil dengan mitra dari Chevron Corporation, ExxonMobil, KazMunayGas, Kazakhstan Petroleum, dan Lukoil. Produksi mencapai 0,53 juta barrel per hari dengan total cadangan minyak mencapai 26 sampai 40 milyar barrel.

7. Ladang Minyak Ahvaz

Ladang Minyak Ahvaz terletak di kota Ahvaz, Iran. Produksi mencapai 0,7 juta barrel per hari dengan total cadangan minyak yang mencapai 10,1 milyar barrel.

8. Ladang Minyak Kirkuk

Ladang Minyak Kirkuk terletak di dekat Kirkuk, Irak dan ditemukan oleh Turkish Petroleum Company pada tahun 1927. Saat ini ladang minyak tersebut dikelola oleh Iraq Petroleum Company. Produksi mencapai 0,48 juta barrel dengan total cadangan minyak yang mencapai 8,5 milyar barrel.

9. Ladang Minyak Agha Jari

Ladang Minyak Aghajari terletak di Provinsi Kuzestan, Iran. Ladang minyak ini ditemukan pada tahun 1938 dan dikelola oleh Perusahaan Minyak Nasional Iran. Produksi mencapai 0,2 juta barrel per hari dengan total cadangan minyak yang mencapai 8,7 milyar barrel.

10. Ladang Minyak Majnoon

Ladang Minyak Majnoon adalah ladang minyak yang terletak 60 km dari Basra, Kegubernuran Basra di selatan Irak. Majnoon merupakan salah satu ladang minyak terkaya di dunia dengan perkiraan 38 miliar barrel minyak. Majnoon berasal dari bahasa Arab yang berarti “gila”. Penamaan tersebut dikarenakan jumlah minyak yang berlebihan di daerah padat penduduk. Ladang minyak ini ditemukan pada tahun 1975 dan dikelola oleh Royal Dutch Shell dan Petronas dengan produksi mencapai 0,5 juta barrel per hari.


Judul

Alamat

1. List of oil fields http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_oil_fields

2. Minyak Bumi (Artikel Lengkap)

http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/06/minyak-bumi-artikel-lengkap.html
3. Oil field http://en.wikipedia.org/wiki/Oil_field
4. Ghawar Field http://en.wikipedia.org/wiki/Ghawar_Field
5. Burgan field http://en.wikipedia.org/wiki/Burgan_Field
6. Cantarell Field http://en.wikipedia.org/wiki/Cantarell_Field
7. Bolivar Coastal Field http://en.wikipedia.org/wiki/Bolivar_Coastal_Field
8. Rumaila Field http://en.wikipedia.org/wiki/Rumaila_Field
9. Tengiz Field http://en.wikipedia.org/wiki/Tengiz_Field
10. Ahwaz Field http://en.wikipedia.org/wiki/Ahwaz_Field
11. Kirkuk Field http://en.wikipedia.org/wiki/Kirkuk_Field
12. Agha Jari Field http://en.wikipedia.org/wiki/Agha_Jari_Field
13. Majnoon Field http://en.wikipedia.org/wiki/Majnoon_Field


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment