Jika Anda Merasa Dibenci Seseorang…..

loading...

Apa yang harus saya lakukan jika merasa dibenci oleh seseorang? Bagaimana caranya agar orang itu tidak membenci anda lagi? Sakit memang jika kita merasa dibenci seseorang yang berada disekitar kita. Apalagi orang itu adalah teman kita, saudara kita, atau bahkan wanita yang kita cintai. Hampir semua orang mungkin telah/sedang/akan merasakannya termasuk juga saya. Saya merasa dijauhi dan dibenci oleh salah satu cewek di IXA, apalagi cewek itu adalah pujaan hati saya. Menurut saya cewek itu sangat… (kok jadi curhat ya?). Maaf, saya agak malu menceritakannya. Agar cewek itu kembali seperti ‘sediakala’, saya akan melaksanakan sebuah misi besar yang akan memakan banyak uang, waktu, dan pikiran yaitu ‘Misi Persahabatan’. Ya! Saya cuma ingin agar dya (saya anggap begitu dari sekarang) mau bersahabat dengan saya lagi. Sampai artikel ini ditulis, saya masih dalam tahap ‘Pengumpulan Data’ yaitu mencari kebenaran apakah dya benar-benar membenci saya.

Segitu aja dah ngelanturnya. Saya lanjutkan saja ya. Untuk mengatasi masalah seperti ini anda harus TAHU (bukan makanan lho!) kebenarannya, TAHU penyebabnya, dan TAHU penyelesaiannya. Dari kata yang bercetak tebal tersebut, berarti ada 3 tahapan dalam menyelesaikan masalah ini. Yaitu Pengumpulan Data (saya masih dalam tahap ini), Mencari Penyebabnya, dan tahap terakhir yaitu Menyelesaikannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, langsung saja kita simak yang pertama:

Tahap 1, Pengumpulan Data

Tahap ini bertujuan untuk mencari TAHU kebenarannya. Yaitu untuk mencari tahu apa penyebab orang itu membenci anda. Untuk mencari tahu anda perlu siapkan sebuah buku tulis kosong (kalo bisa, beli buku diary yang ada gemboknya itu). Rahasiakan buku tulis itu karena anda akan mengisinya dengan semua tentang orang itu (jadi bersifat rahasia). Untuk mengumpulkan data, anda bisa mencari semua tentang orang itu dari profilnya di berbagai social network site (jika punya), temannya (terutama teman dekatnya), atau kalau anda nekat, anda bisa bertanya langsung ke orangnya (berarti tahap pertama dan kedua telah selesai). Dan tulis semua tentang orang itu dari berbagai sumber di buku yang telah anda siapkan itu. Setelah semuanya selesai, kita bisa lanjut ke tahap 2 (tapi kalau ternyata orang itu tidak membenci anda, anda bisa melakukan pendekatan dan tidak melanjutkan ‘Misi Persahabatan’ ini).

Tahap 2, Mencari Penyebabnya

Tahap ini tidak membutuhkan mental yang tinggi tetapi pikiran yang bagus (punya logika yang bagus). Ini berguna untuk mencari tahu mengapa orang itu bisa membenci anda. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat data-data dari buku anda, ngaca pada diri anda (periksa kekurangan anda yang tidak disukai orang itu), atau anda bisa bertanya langsung ke orangnya. Jika anda TAHU penyebabnya, pasti anda akan TAHU penyelesaiannya. Tulislah penyebab-penyebabnya ke dalam buku anda itu. Dan dengan itu, anda bisa langsung lanjut ke tahap 3.

Tahap 3, Menyelesaikannya

Untuk Mnyelesaikannya, anda harus TAHU penyelesaiannya. Maksudnya anda harus mengetahui bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Ambil buku yang telah kamu tulis data dan penyebabnya, kemudian carilah penyelesaiannya. Jika orang itu membenci kelemahan anda, maka tutuplah sedikit kelemahan anda. Kalau orang itu membenci ‘langkah hidup anda’, anda bisa memilih jalan hidup yang benar. Cara yang paling tepat adalah tidak berteman dengannya atau membencinya juga (jahat banget ya?). Cara yang terbaik adalah tunjukan semua kelebihan/kemampuan anda yang disukai orang itu dan sedikit menutupi semua kelemahan anda yang dibenci orang itu. Anda harus Tetap Semangat! Jangan langsung putus asa/patah semangat saat dijauhi oleh orang itu.

Itulah cara ‘gila’ saya. Anda bisa mengikutinya bisa juga tidak. Bertemanlah, jangan saling membenci satu sama lain. Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu! Tetap Semangat! Open-mouthed smile

 

HdS… Sad smile(lagi bad mood dan galau saat nulis, makanya artikel ini terkesan ngacau)

loading...

18 comments:

  1. Help me gan, saya sangat di benci oleh teman-teman saya........ :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan,Di benci teman sekelas malah :'(

      Delete
  2. Sedih rasanya dibenci,ttp saya harus berjuang.!!!

    ReplyDelete
  3. Sama, saya juga di benci sama pacar mantan saya
    Saya sudah meminta maaf dan bertanya apa salah saya dengan dia
    Tapi dia nggan memberitahu salah saya sama dia
    Lalu saya harus bagaimana :'(

    ReplyDelete
  4. saya dulu waktu SMP jg dibenci teman2 saya, bahkan jg sering dibully sama adek kelas :(

    ReplyDelete
  5. saya juga dibenci teman teman, sekarang semua ngeblock ig saya dan kalo foto bersama saya diajak tapi tidak di tag, dan kalau saya bertanya ke grup line dikacangin, gimana donk gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah bertanya. Mungkin artikel berikut bisa menjawab pertanyaan kamu:

      http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2015/09/apa-yang-harus-dilakukan-saat-dibenci.html

      Delete
  6. Sedih rasanya dibenci.. saya merasa dibenci oleh teman2 sepekerjaan bahkan yg membenci saya itu adik2 nya pacar saya sendiri.. tolong saya benar2 tidak tahan

    ReplyDelete
  7. senasib.. sama sy jg dibenci oleh teman2 sepekerja sy, sy sdah thu pnyebabnya krn sy sering tdk nymbung diajak ngobrol hal itu krn suara sy berat,pelan,ngotot dn tdk enak didengar tdk sperti cew2 yg lain. tp sy tdk tau hrus mlkukan apa utk mncari solusix krn itu sdh bawaan dri sy dn sulit diubah,,kalaupun pnyebabnya adlh sifat bruk mgkin masih bisa sy ubah tp ini, suara.. bgmna sy bs mrubahnya!!!Ya Tuhaaann Bantu saya, saya sudah sangat tidak tahan..huhuhuhh... :( :((

    ReplyDelete
  8. Saya dulu punya banyak teman,bahkan biasanyanya saya paling senang diledek oleh teman2 saya pada suatu ketika saya diledek oleh salah seorang teman saya,tapi pas saya ledek balik dia malah marah dan menghasut teman2 sya yg lain utk tidak berteman dgn saya.saya jadi pendiam dan menutup diri.bagaimana solusi yg tepat sedangkan teman2 saya itu satu kelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin cara meledek lu salah, harusnya setelah ngeledek lu minta maaf dan tebar senyuman, dan saat lu di ledek lu harusnya ikut ketawa agar temenlu merasa di hargai

      Delete
  9. Saya juga sedang merasakan betapa sedihnya di jauhi temen temen di kelas.paling gak nyaman kalau lg ada persentasi tugas.

    ReplyDelete
  10. Senaang rasanya melihat kalian... Ternyata bukan cuma gw doang yg di benci masih ada orang2 ya membuktikan kejamnya dunia,seandainya gw bisa bertemu kalian!!!ini pin bbm gw 5EC9559C

    ReplyDelete
  11. iya, aq juga mersa dibnci sma tmn² ku, ini slh itu slh, smua srba slah, dibilang tman musimanlah, gmna ngk musiman coba, klo bicra aja di kacangin. sya smpai nangis mrsaknnya, tga bgt tmn² sya. diajk ngmg mlh gtu, sya ngk cma sdih, tpi mrah, kesel, emosilah. mna ada sih orang yang mau dibenci. ingin ke bk, tpi psti di kta²in. ya Allah, tabahkanlah hati ini mnghdapi cobaan yg Kau brikan kpda hambaMu yg lmah ini. aku hrus kuat. semua akn indah pda waktunya. Amin.

    ReplyDelete
  12. Kita sama, aku juga sering merasa dibenci oleh teman-temanku, mulai dari dikacangin, dicuekin sampai ditatap sinis. Sedih dan sakit hati rasanya. Dibegituin membuatku sering merasa depresi, stres, sedih, sakit hati dan bingung. Entah bagaimana aku menghilangkan perasaan ini? :(

    ReplyDelete