5 Peninggalan Zaman Perunggu

loading...

Zaman perunggu adalah masa perkembangan suatu peradaban yang ditandai dengan telah adanya aktivitas peleburan tembaga dan timah kemudian dicetak menjadi alat untuk membantu memenuhi kebutuhan. Zaman ini berada diantara zaman batu dan zaman besi. Zaman perunggu di Indonesia dipengaruhi oleh kebudayaan Dongson dan terjadi sekitar 8.000 tahun yang lalu. Zaman ini memberikan banyak sekali peninggalan yang terbuat dari perunggu. Berkut adalah 5 peninggalan zaman perunggu. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Nekara

Nekara adalah semacam berumbung dari perunggu yang berpinggang di bagian tengahnya dan sisi atasnya tertutup. Nekara mirip dengan dandang (gendang) yang ditelungkupkan. Nekara digunakan sebagai alat dalam kegiatan upacara yang berfungsi sebagai genderang. Nekara banyak ditemukan di Indonesia khususnya Bali, Bima, Sumbawa, Pulau Alor, Pulau Jawa, Flores, Maluku, dll.

2. Kapak Corong

Kapak corong adalah benda dari perunggu yang mempunyai pangkal seperti ekor burung sriti dan bagian tengahnya berongga. Bagian tengah tersebut digunakan untuk menempatkan gagang. Kapak corong banyak ditemukan di Sumatra, Jawa, Bali, Sulawesi, Flores, Banda, dll.

3. Arca Perunggu

Arca perunggu yang berkembang memiliki bentuk yang beraneka ragam, seperti bentuk manusia dan binatang. Pada umumnya arca perunggu berukuran kecil dan dilengkapi cincin di bagian atasnya yang berfungsi untuk menggantungkan arca. Arca ini biasa digunakan sebagai liontin kalung. Arca perunggu banyak ditemukan di Riau, Palembang, Malang, dan Bogor.

4. Bejana Perunggu

Bejana perunggu hanya ditemukan dua buah di Indonesia yaitu di Sumatra dan Madura. Bejana perunggu berbentuk bulat panjang. Bejana ini dibuat dari dua lempengan perunggu yang cembung. Bejana yang ditemukan di Kerinci (Sumatra) berukuran panjang 50,8 cm dengan lebar 37 cm. Sementara yang ditemukan di Asemjarang, Sampang (Madura) mempunya ukuran tinggi 90 cm dan lebar 54 cm.

5. Perhiasan Perunggu

Perhiasan perunggu adalah perhiasan yang sangat populer pada zaman perunggu, baik dari golongan atas maupun bawah. Perhiasan tersebut berupa anting, giwang, kalung, gelang kaki, dll.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. 5 Makna Penting Zaman Perunggu dalam Kehidupan Masyarakat

  2. Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia (Materi Ringkasan)


Sumber:

Judul

Alamat

1. Zaman Perunggu http://id.wikipedia.org/wiki/Zaman_Perunggu
2. 5 Makna Penting Zaman Perunggu dalam Kehidupan Masyarakat http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/07/5-makna-penting-zaman-perunggu-dalam.html
3. NEKARA PERUNGGU http://ssbelajar.blogspot.com/2013/10/nekara-perunggu.html
4. Kapak Corong http://museumnasional.wordpress.com/2011/04/16/kapak-corong/
5. Bejana Perunggu: Sebuah Peninggalan Kebudayaan Masyarakat Perundagian http://wacananusantara.org/bejana-perunggu-sebuah-peninggalan-kebudayaan-masyarakat-perundagian/
6. Perhiasan Perunggu, Dari Dulu Sampai Sekarang http://www.anneahira.com/perhiasan-perunggu.htm

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian
loading...

3 comments: