20 Ciri Khusus Hewan dan Manfaatnya

loading...
Setiap hewan memiliki ciri-ciri khususnya masing-masing. Ciri-ciri tersebut tidaklah lain bertujuan untuk melindungi dirinya dan menyesuaikan dirinya. Perbedaan ciri khusus hewan disebabkan oleh perbedaan iklim dan keadaan habitatnya. Nah, berikut adalah beberapa macam ciri khusus pada hewan beserta manfaat yang didapat hewan tersebut dari ciri khususnya. Langsung saja kita simak yang pertama:
  1. Zebra: Tubuh zebra terdapat pola belang hitam putih yang bermanfaat untuk membingungkan predator yang ingin mengejarnya.
  2. Kelelawar: Dapat terbang di malam hari dengan mengandalkan telinga dan suara ultrasonik. Ciri khusus tersebut bermanfaat untuk mencari mangsa di malam hari. Kelelawar tidak dapat mencari mangsa di siang hari karena penglihatannya terlalu sensitif.
  3. Laba-laba: Laba-laba mampu membuat sarang seperti jaring di ranting pohon. Manfaat jaring tersebut selain sebagai tempat tinggal, sarang tersebut juga bermanfaat untuk menangkap mangsa seperti capung. (Selengkapnya: 5 Ciri Khusus Laba-Laba)
  4. Cicak: Cicak memiliki kemampuan untuk merayap yang bermanfaat untuk mendapatkan mangsanya yaitu nyamuk berkat telapak kakinya yang seperti perekat.
  5. Jerapah: Jerapah memiliki leher yang panjang yang bermanfaat untuk meraih daun yang berada sangat tinggi di atas pohon.
  6. Bebek: Kaki-kaki bebek berselaput dan paruhnya yang terlalu runcing. Ciri khusus bebek tersebut bermanfaat untuk mencari makanan di dalam lumpur.
  7. Sigung: Sigung memiliki kemampuan untuk mengeluarkan bau yang sangat menyengat yang bermanfaat untuk mengusir predator yang mendekatinya.
  8. Bunglon: Bunglon memiliki kemampuan untuk mengubah warna tubuhnya menyesuaikan warna bidang yang diinjaknya. Kemampuan ini disebut mimikri. Manfaat kemampuan ini adalah untuk mengelabui predator.
  9. Kalajengking: Kalajengking memiliki sengatan yang sangat beracun yang bermanfaat untuk melawan musuhnya. (Selengkapnya: 6 Ciri Khusus Kalajengking)
  10. Ikan Penyumpit: Ikan penyumpit memiliki kemampuan menyemburkan air dengan tenaga yang cukup kuat. Kemampuan tersebut bermanfaat untuk membuat mangsa jatuh ke air sehingga memudahkan ikan tersebut untuk memangsanya.
  11. Ular berbisa: Ular berbisa memiliki bisa (racun) yang bermanfaat untuk membunuh siapapun yang mengganggunya atau ingin memangsanya.
  12. Beruang kutub: Beruang kutub memiliki bulu yang sangat tebal yang bermanfaat untuk melindungi dirinya dari cuaca yang sangat dingin.
  13. Unta: Unta memiliki kemampuan untuk bertahan tanpa air selama berhari-hari. Itu karena unta memiliki punuk yang mampu menyimpan banyak cadangan air. Ketika unta menemukan sumber air, dia akan minum sebanyak-banyaknya. Manfaat kemampuan ini adalah supaya unta dapat tetap bertahan hidup di tengah padang gurun yang sangat kering.
  14. Elang: Elang memiliki penglihatan yang sangat tajam yang bermanfaat untuk mendeteksi mangsa dari jarak jauh.
  15. Burung hantu: Sama seperti kelelawar, burung hantu juga memiliki penglihatan yang peka terhadap cahaya dan indra pendengaran yang sangat kuat. Manfaatnya adalah untuk mencari mangsa di malam hari.
  16. Landak: Landak melindungi dirinya dengan cara menunjukkan duri pada tubuhnya yang bermanfaat untuk menakuti siapapun yang hendak mengganggu atau memangsanya.
  17. Kanguru: Kangguru memiliki keunikan dalam hal merawat anaknya, yaitu menaruh anaknya di dalam sebuah kantong di bagian depan perutnya. Di kantongnya terdapat kelenjar susu dan menjadi sumber makanan selama anaknya berada di kantong induknya. Manfaat kantong tersebut untuk memudahkan kanguru untuk membawa anaknya yang baru lahir.
  18. Walang sangit: Sama seperti sigung, walang sangit juga mengeluarkan bau yang sangat menyengat yang bermanfaat untuk mempertahankan diri.
  19. Kura-kura: Kura-kura memiliki cangkang yang sangat kuat. Cangkang tersebut bermanfaat untuk menjaga diri dari bahaya predator.
  20. Belut listrik: Belut listrik memiliki sengatan listrik yang sangat kuat yang bermanfaat untuk melumpuhkan mangsa atau pemangsa.

Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

42 comments:

  1. Replies
    1. koyok pelajaranku persis

      Delete
    2. Silakan. Jika ada kekurangan dalam artikel saya, tolong hubungi saya di hedisasrawan@gmail.com :)

      Delete
  2. koyok pelajaranku persis

    ReplyDelete
  3. makasih ya gara" belajar ini aku dpet nilai 100 di sekolah thanks bget

    ReplyDelete
  4. Ok .. Bagus unutk membantu anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, apa ada masukan supaya saya bias membantu lebih banyak lagi? :)

      Delete
  5. Gilang kli cupak kidulSeptember 3, 2014 at 2:55 PM

    Bagus...Untuk belajar semua anak sekolah

    ReplyDelete
  6. BAGUS ..... BANGET DAH










    ReplyDelete
  7. ILMU HEBAT...... AKU DAPET 100 YEE :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senang sekali bisa membantu Anda :)

      Delete
  8. Blogger yang baik meniggalkan jejak
    Arigato ...

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Terima kasih atas komentar positifnya :)

      Delete
  10. maksih ya hedi berkat mu dapat nilai 100

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama,, senang bisa membantu Anda :)

      Delete
  11. sangat bermanfaat bro....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas komentar positifnya :)

      Delete
  12. tambahan dong tumbuhan dan ciri khususny perlu nih!! -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah request. Mungkin artikel ini bisa membantu: http://hedisasrawan.blogspot.com/2015/08/14-ciri-khusus-tumbuhan-dan-manfaatnya.html

      Delete
  13. Saya butuhnya 3 cirinya tapi ini kurang :(.....tapi berguna juga sihh.... Makasih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah membuat 20, apa ada ciri khusus hewan yang belum saya buat? :)

      Delete
    2. Ciri Khusus Hewan Cumi Cumi Bang = Dapat Menyemprotkan cairan hitam seperti tinta untuk melindungi dirinya dari serangan musuh ^^
      Dan Sama Ciri Khusus Hewan Ikan Buntal = -Memiliki kemampuan untuk mengembungkan badannya sebagai pertahanan diri. - Memiliki Duri Duri yang beracun pada tubuhnya untuk melindungi diri dari pemangsa
      ... Mungkin Cuman Itu Bang Hedi ... Thanks For Infonya ^^. ( saling Berbagi itu menyenangkan ) Thanks sekali lagi ^^

      Delete
  14. Bagus ,Bisa membantu saya . Terima Kasih :)

    ReplyDelete
  15. Pas banget,soalnya besok ujian praktek IPA

    ReplyDelete
  16. Bagus,artikel ini sangat membantu saya

    ReplyDelete