5 Ciri Khusus Laba-Laba

loading...

Ciri Khusus Laba-LabaLaba-laba adalah hewan invertebrata yang berbuku-buku (arthropoda). Ciri khas laba-laba yang paling dikenal adalah kakinya yang berjumlah delapan dan memiliki kemampuan untuk membuat jaring. Laba-laba adalah hewan karnivora (pemakan daging), namun ia tidak dapat melompat maupun terbang. Sehingga ia harus memiliki kemampuan khusus untuk menangkap mangsanya. Berikut adalah ciri-ciri khusus laba-laba. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 20 Ciri Khusus Hewan

1. Membuat Jaring

Laba-laba dapat membuat jaring yang berasal dari air liurnya yang sangat lengket. Sehingga dapat menjebak mangsanya yang berupa serangga kecil yang berjalan melewati jaringnya. Dengan demikian, laba-laba dapat dengan mudah menangkap mangsanya.

2. “Mulut” Berbentuk Seperti Alat Penghisap

Laba-laba tidak memiliki mulut ataupun gigi. Ia memangsa mangsanya dengan cara menghisap cairan tubuh mangsanya. Laba-laba memiliki “mulut” yang berfungsi seperti alat penghisap.

Baca juga: Klasifikasi Makhluk Hidup (Artikel Lengkap)

3. Indera Peraba pada Kakinya yang Sensitif

Kebanyakan laba-laba memiliki penglihatan yang buruk. Sehingga untuk mengetahui apakah ada mangsa yang sudah terperangkap di jaringnya, ia menggunakan indra peraba pada kakinya untuk mendeteksi getaran pada jaringnya.

4. Memiliki Bisa

Dari puluhan ribu spesies, hanya 150 spesies laba-laba yang tidak memiliki bisa. Bisa digunakan untuk membunuh mangsanya. Bisa terdapat di taring laba-laba. Meskipun demikian, hanya 200 spesies laba-laba yang memiliki bisa yang berbahaya bagi manusia.

5. Hanya Memiliki Dua Segmen Tubuh

Laba-laba hanya memiliki dua segmen tubuh tidak seperti serangga lain yang memiliki tiga segmen tubuh. Dua segmen itu adalah prosoma (kepala dan dada) dan abdomen (perut). Kaki berada di prosoma.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment