5 Manfaat DNA

loading...

manfaat dnaDNA adalah asam nukleat yang terletak di dalam inti sel dan berfungsi untuk menyimpan segala informasi makhluk hidup dalam bentuk materi genetik. DNA juga menentukan sifat organisme yang diturunkan. Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari pemanfaatan DNA. Terutama dalam masalah yang berkaitan dengan genetika. Berikut adalah 5 manfaat DNA. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Pengertian DNA

1. Mendeteksi Berbagai Penyakit

Banyak penyakit yang dapat dideteksi melalui tes DNA. Seperti kanker prostat, alzheimer, dll. Tes DNA juga dapat mendeteksi kebotakan dan penyakit degeneratif (keturunan). Dengan demikian, kita bisa menanganinya sedini mungkin.

2. Membantu Kepolisian

DNA digunakan dalam kegiatan forensik yaitu penerapan konsep-konsep ilmiah dalam hukum. DNA sangat berguna untuk mengidentifikasi korban dan tersangka di TKP. Bukti forensik adalah bukti yang paling akurat dalam hukum.

3. Mencari Keluarga

Ketika kita merasa ragu dengan orangtua kita apakah ia orangtua kandung kita atau bukan, kita bisa mengetahuinya melalui tes DNA. Selain itu, kita juga dapat mengidentifikasi mayat yang tidak dikenali supaya diketahui siapa keluarganya atau bayi yang tertukar.

4. Rekayasa Genetika

Dengan memurnikan DNA dari organisme, kita dapat memanipulasinya dan membuat organisme yang sama atau mencampurnya dengan DNA lain supaya menghasilkan organisme yang kita inginkan. Kita biasa menerapkannya pada tumbuhan untuk menghasilkan bibit unggul.

5. Manfaat DNA dalam Sejarah dan Anthropologi

DNA juga dapat dimanfaatkan dalam bidang sejarah dan anthropologi. Misalnya dalam mengidentifikasi makam bersejarah untuk mengetahui silsilah keturunannya.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment