4 Pengertian Variabel

loading...

pengertian variabelVariabel memiliki pengertian yang luas. Tergantung pada cabang ilmunya. Istilah ini digunakan dalam sains, matematika, ilmu komputer, dan logika matematika. Berikut adalah 5 pengertian variabel berdasarkan disiplin ilmunya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Ekonomi Mikro (Artikel Lengkap)
  1. Dalam sains, variabel adalah objek penelitian. Objek penelitian yang dimaksud adalah segala sesuatu yang hendak diteliti. Variabel sering digunakan dalam penelitian ilmiah. Variabel dapat dikosongkan dan diisi nilainya. Variabel terdiri dari nama dan nilai. Variabel dapat digunakan kapan saja dengan mudah. Variabel sangatlah penting bagi penelitian. Variabel dapat dibedakan menjadi variabel bebas (variabel penyebab), variabel terikat (variabel tergantung), variabel moderator, variabel kontrol, dan variabel intervening.
  2. Dalam matematika, variabel adalah karakter atau abjad yang mewakili suatu jumlah yang belum ditentukan. Setiap variabel mengandung nilai. Variabel memudahkan kita untuk mengerjakan soal matematika terutama yang berkaitan dengan aljabar.
  3. Dalam ilmu komputer, variabel adalah nama (biasanya berupa karakter, abjad, atau kata) yang mewakili beberapa nilai dalam memori komputer.
  4. Dalam logika matematika, variabel adalah salah satu simbol yang mewakili sebuah teori.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment