7 Dampak Pencemaran Udara

loading...

Pencemaran udara telah menjadi hal yang paling sering dibahas belakangan ini. Seringkali ini terjadi di kota-kota besar yang mayoritas penduduknya menggunakan kendaraan bermotor. Namun ironisnya, daerah yang berada di kawasan hutan justri terkena dampak pencemaran udara terparah. Padahal sejatinya hutan tersebut bermanfaat sebagai “pembersih” udara, namun ada saja ulah manusia tak bertanggung jawab yang membakar hutan sehingga tidak hanya mengurangi hutan tetapi dapat mencemari lingkungan dengan asapnya. Dampak buruk pencemaran udara sangat besar bagi kesehatan dan lingkungan. Berikut adalah beberapa dampak buruk pencemaran udara. Langsung saja kita simak yang pertama:dampak pencemaran udara

1. Gangguan pada Pernapasan

Yang pertama, tentu saja dapat mengganggu kesehatan terutama pernapasan. Udara kotor mengandung gas karbon dioksida dan gas beracun lainnya yang sangat berbahaya bagi sistem pernapasan pada manusia. Udara kotor yang masuk dalam tubuh melalui pernapasan dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut seperti bronkitis dan asma. Jika kita terkena udara yang tercemar terus-menerus, maka akibatnya sangat fatal sampai ke kanker paru-paru.

2. Mengurangi Jarak Pandang

Asap yang begitu tebal kerap kali mengurangi jarak pandang kita sehingga segala aktivitas menjadi terganggu. Bahkan saat ini pencemaran udara di Beijing telah menyebabkan jarak pandang menurun menjadi hanya beberapa puluh meter saja. Penyebab pencemaran udara disana bukan karena kebakaran hutan, tetapi karena pabrik industri yang merajalela dan asap kendaraan bermotor yang kian marak. Aktivitas di bandara juga terganggu akibat berkurangnya jarak pandang.

3. Gangguan pada Pertumbuhan Anak

Kandungan timbal yang terdapat dalam udara kotor jika masuk ke saluran pernapasan anak akan sangat berbahaya dampaknya bagi pertumbuhan dan perkembangan anak tersebut. Timbal dapat mengganggu sel-sel yang sedang tumbuh di tubuh anak. Maka dari itu, selalu lindungi anak dengan masker jika udara terlihat tercemar.

4. Hujan Asam

Hujan asam terjadi karena awan terkena dampak pencemaran udara sehingga pH (tingkat keasaman) awal menjadi dibawah 7. Hujan asam dapat merusak bangunan, membunuh tanaman, dan menurunkan kualitas air.

5. Gangguan pada Sistem Reproduksi

Pencemaran udara juga dapat mengganggu sistem reproduksi pada manusia. Tidak hanya itu saja, organ tubuh lain juga akan terganggu seperti ginjal dan jantung.

6. Mengganggu Pertumbuhan Tanaman

Tanaman akan terserang penyakit nekrosis, bintik hitam, klorosis, dan penyakit lainnya. Padahal sedianya tanaman itu berguna untuk membersihkan udara.

7. Penyebab Utama Pemanasan Global

Pemanasan global (global warming) mengakibatkan meningkatnya suhu bumi sehingga air laut naik. Suhu bumi naik akibat lapisan ozon rusak. Lapisan ozon berguna untuk menjaga suhu bumi supaya tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Lapisan ini rusak karena pencemaran udara terutama dari zat CFC atau klorofluorkarbon. Zat tersebut biasa terdapat di lemari es, AC, dan aerosol (spray). Cara untuk mencegahnya adalah dengan membeli produk tadi yang berlabel Non-CFC.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment