10 Sikap Positif Terhadap Globalisasi

loading...

Globalisasi adalah perkembangan yang mempunyai pengaruh dalam mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang sedang berlangsung. Globalisasi sangat dipengaruhi oleh teknologi yang ditemukan manusia. Globalisasi menghasilkan perubahan dan perkembangan yang sangat pesat. Tentu saja perubahan itu bisa berdampak positif bagi mereka yang cerdas menyikapinya. Berikut adalah berbagai sikap positif terhadap globalisasi dari berbagai bidang. Langsung saja kita simak yang pertama:10 Sikap Positif Terhadap Globalisasi

1. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Politik

Meskipun setiap negara berhak atas kedaulatannya, namun dalam menyelenggarakan pemerintahannya negara-negara lain bisa menuntut sikap transparan, demokratis, dan menghargai hak asasi manusia. Begitu pula dalam penerapan sistem pemerintahan Trias Politika yang sudah diterapkan oleh banyak negara.

2. SIkap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Perdagangan

Maraknya perkembangan industri memungkinkan seseorang produsen dalam satu negara tidak lagi membatasi diri dengan membuat suatu produk sendirian, melainkan dapat mengimpor komponen-komponen lain yang diperlukan dari negara lain. Sehingga industri bisa memproduksi suatu produk dengan lebih banyak, lebih cepat, dan lebih hemat biaya.

3. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Industri dan Jasa

Setiap negara sangat terbuka untuk membuka peluang industri dan jasa sehingga ahli-ahli dari suatu negara dapat bekerja di negara lain atau sebaliknya.

4. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Sosial dan Budaya

Meningkatnya transportasi memungkinkan setiap manusia mampu bergerak dinamis dalam bermigrasi, meskipun kadang-kadang terjadi benturan budaya. Namun, dengan sikap manusia modern yang mulai memahami arti toleransi, benturan budaya bisa diminimalisir.

5. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Lingkungan Hidup

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan negara lain semakin kritis menyoroti persoalan-persoalan lingkungan dalam suatu negara. Dibantu dengan teknologi, semua orang bisa menyebarkan peringatan tentang pentingnya memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan.

6. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Pertahanan dan Keamanan

Masalah pertahanan dan keamanan sudah menjadi isu global sejak terorisme dunia melancarkan serangannya di berbagai belahan dunia. Tidak pandang bulu apakah negara tersebut negara liberal, komunis, dan Islam serta termasuk Indonesia yang menganut Pancasila dalam mengatur kehidupan berbangsa dan bernegaranya juga menjadi sasaran para terorisme. Dengan dalih tidak adanya keadilan, ada kesenjangan ekonomi, atau isu agama, mereka tidak segan-segan melancarkan serangan yang penting membuat gempar dan banyak jatuh korban. Untuk mengantisipasi terorisme ini beberapa kali sudah dibicaran di pertemuan di tingkat ASEAN dan PBB yang menghasilkan kesepakatan untuk mengutuk tindak kekerasan terorisme itu dan secara bersama-sama untuk memerangi tindak terorisme tersebut.

7. Pola Hidup yang Serba Cepat

Aktivitas manusia menuntut kita harus serba cepat dan instan, seolah-olah waktu mengejar kita, hal itu diwajarkan oleh karena kehidupan sekarang ini sudah serba komplek dengan kebutuhan yang sangat banyak dan serba modern. Dengan kemajuan teknologi telah banyak membantu kita, terutama para petani yang dulunya dengan menggunakan pola tanam dan peralatan yang serba tradisional kini sudah menggunakan pola tanam dan peralatan serba modern, seperti penanaman bibit padi varietas unggul yang hanya memerlukan waktu tanam tiga bulan saja dengan hasil yang melimpah, sedangkan sebelumnya memerlukan waktu sampai enam bulan. Begitu pula mengenai masalah makan dan minum karena kesibukan manusia sering memerlukan makan dan minuman yang serba cepat dan siap saji.

8. Sikap Positif Terhadap Globalisasi Dalam hal Perkembangan Informasi dan Teknologi

Perkembangan teknologi informasi sangat besar manfaatnya mulai dari telepon seluler, internet, dan televisi akan dapat mempercepat dan mempermudah untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi walaupun ada dalam jarak yang amat jauh antar benua. Berbagai informasi tentang ilmu pengetahuan dapat diperoleh melalui mengakses berbagai situs yang ada di internet dengan murah, cepat, dan mudah serta bisa dilakukan dari rumah. Kalau mau bepergian jarak jauh dengan cepat dan dalam waktu yang singkat sudah banyak terdapat transportasi udara, laut, dan darat yang tersedia dengan pelayanan yang sangat baik.

9. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Melimpah

Teknologi berperan besar dalam memanfaatkan sumber daya alam mulai dari penemuan sumber daya alam potensial, pengolahan sumber daya alam dan pemanfaatan sumber daya alam. Indonesia yang kaya akan berbagai sumber daya alam sebenarnya menunggu tangan-tangan ahli dan terampil putra-putri bangsa Indonesia untuk mengolahnya. Sumber daya alam ramah lingkungan dapat dikembangkan dengan baik di Indonesia dengan melihat banyaknya air terjun, angin yang cukup kencang, panas sinar matahari ada sepanjang hari serta gelombang air laut yang cukup besar yang dapat dipergunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Selain itu Indonesia sangat terkenal pula akan kekayaan alam tambangnya yang tentu sangat besar peranannya untuk mensejahterakan bangsa Indonesia.

10. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Pendidikan

Kurikulum terbaru saat ini menuntut siswa untuk mencari bahan pembelajaran sendiri sedangkan guru hanya berperan sebagai pembimbing saja. Dengan berkembangnya teknologi, seluruh siswa bisa mendapatkan bahan pembelajaran dengan cepat dan mudah. Guru juga mulai menerapkan penggunaan teknologi dalam belajar, sehingga penggunaan kertas mulai berkurang dan lebih sedikit pohon yang ditebang. Belajar kelompok juga tidak perlu bertemu langsung, cukup gunakan teknologi komunikasi, kita bisa belajar berkelompok tanpa harus membuang-buang waktu untuk bertemu.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment