7 Urutan Saluran Pernapasan Pada Manusia

loading...

Saluran pernapasan pada manusia terdiri dari beberapa bagian. Pertama-tama udara masuk ke tubuh melalui hidung, kemudian menuju rongga hidung. Barulah faring, trakea, bronkus, dan kemudian sampai di paru-paru yang di dalamnya terdapat bronkiolus dan alveolus. Bagian-bagian ini memiliki beberapa fungsinya masing-masing. Ada yang bertugas menyaring udara, mengikat oksigen, dll. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa membaca artikel tentang sistem pernapasan pada manusia. Nah, berikut adalah urutan saluran pernapasan pada manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Hidung

Hidung adalah awal dan akhir dari udara yang masuk ke paru-paru. Di dalam hidung terdapat rongga hidung. Rongga hidung dapat menyaring udara yang masuk karena terdapat semacam rambut halus, melembabkan udara karena terdapat lendir, dan menghangatkan udara karena terdapat konka.

2. Faring

Faring adalah percabangan dua saluran, yaitu tenggorokan (saluran pernapasan) dan kerongkongan (saluran pencernaan). Faring berfungsi untuk mengatur makanan supaya tidak masuk ke tenggorokan.

3. Laring

Laring adalah akhir dari batang tenggorokan yang tersusun atas tulang rawan. Tulang rawan inilah yang membentuk jakun. Di atasnya terdapat epiglotis yang berfungsi untuk mencegah supaya makanan dan minuman masuk ke dalam tenggorokan. Pada laring juga terdapat selaput suara yang membuat kita bisa berbicara.

4. Trakea

Trakea adalah sebutan lain untuk tenggorokan. Tenggorokan memiliki panjang kurang lebih 10 cm dan berakhir dengan bercabang dua yang disebut bronkus. Dinding tenggorokan terdiri dari tiga lapisan yaitu lapisan luar yang terdiri dari jaringan ikat, lapisan tengah yang terdiri dari otot polos dan cincin tulang rawan, dan lapisan dalam yang terdiri dari jaringan epitel.

5. Bronkus

Bronkus adalah cabang tenggorokan. Jumlahnya sepasang dan masing-masing menuju paru-paru kanan atau paru-paru kiri. Bronkus yang ke arah kiri lebih panjang, sempit, dan mendatar daripada yang ke arah kanan. Hal inilah yang mengakibatkan paru-paru kanan lebih mudah terserang penyakit. Dinding bronkus sedikit lebih tipis dari dinding trakea. Bronkus kemudian bercabang-cabang lagi menjadi bronkiolus.

6. Bronkiolus

Bronkiolus terdapat di dalam paru-paru dan bercabang-cabang. Cabangnya semakin kecil dan tidak memiliki tulang rawan. Cabang-cabang bronkiolus akan berakhir di alveolus.

7. Alveolus

Alveolus juga terdapat di dalam paru-paru. Alveolus berbentuk seperti bola-bola kecil yang diliputi oleh pembuluh-pembuluh darah. Alveolus dilapisi oleh epitel pipih yang memudahkan darah di dalam pembuluh darah mengikat oksigen yang terdapat di dalam alveolus.


Sumber:
1. Sistem Pernapasan Pada Manusia (pustakasekolah.com)
2. Sistem Pernapasan Manusia (bachtiarinformasi.blogspot.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

4 comments: