Pengertian Kromosom (Artikel Lengkap)

loading...

Kromosom adalah struktur DNA, protein, dan RNA yang ditemukan di dalam sel. Kromosom terdiri dari benang-benang halus yang mulai tampak pada waktu sel mulai mempersiapkan diri untuk membelah. Kromosom berasal dari bahasa Yunani chroma yang berarti “warna” dan soma yang berarti “badan”. Nama ini pertama kali digunakan oleh W. Waldeyer pada tahun 1888.

Kromosom juga merupakan bagian inti sel yang membawa dan menentukan sifat-sifat yang akan diturunkan dalam individu organisme yang bersangkutan. Kromosom berisi segala hal yang mencirikhaskan setiap makhluk hidup.

Dalam prokariota, atau sel-sel tanpa inti, kromosom hanyalah lingkaran DNA. Pada eukariota, atau sel dengan inti yang berbeda, kromosom jauh lebih kompleks dalam struktur.

Kromosom merupakan benda-benda yang halus berbentuk lurus seperti batang atau bengkok yang berada di dalam nukleus. Kromosom terdiri atas dua bagian, yaitu sentromer / kinekthor yang merupakan pusat kromosom berbentuk bulat dan lengan kromosom yang mengandung kromonema & gen berjumlah dua buah (sepasang). Karena dapat menyerap warna dengan jelas, maka dapa diamati di bawah mikroskop. Zat penyusun kromosom disebut kromatin dan merupakan jalinan benang-benang halus dalam plasma inti. Setiap akhir kromosom dibatasi oleh telomer, serangkaian DNA berulang yang melindungi kromosom dari kerusakan.


Sumber:
1. Kromosom (id.wikipedia.org)
2. Chromosome (en.wikipedia.org)
3. Kromosom (Artikel Lengkap) (hedisasrawan.blogspot.com)
4. Pengertian Gen dan Kromosom (idonkelor.blogspot.com)
5. Pengertian Kromosom & Jumlah Kromosom Pada Manusia, Hewan Dan Tumbuhan (organisasi.org)
6. Apa Fungsi Kromosom (smabiologi.blogspot.com)
7. Pengertian Kromosom (wanenoor.blogspot.com)
8. Pengertian Kromosom (id.shvoong.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment