Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas XI IPA Semester 2

loading...

Berikut adalah pembahasan dari latihan soal biologi SMA kelas XI IPA semester 2. Satu persatu soal akan dibahas dengan singkat namun mampu membuat Anda memahami maksud soal tersebut. Pembahasan ini dilengkapi dengan kunci jawaban. Diharapkan Anda mengerjakan soal sebisa mungkin sebelum melihat pembahasan ini.

(Bagian dari direktori materi Biologi SMA Kelas XI IPA)


1. Asfiksi adalah gangguan dalam pengangkutan oksigen (O2) ke jaringan tubuh yang disebabkan oleh adanya gangguan pada fungsi paru-paru, pembuluh darah, atau jaringan tubuh. Salah satu penyebab asfiksi adalah alveolus yang terisi air pada orang tenggelam. Sehingga jawaban yang tepat adalah (A) Alveolus kemasukan air.


2. Molekul MHC kelas II dikenali oleh sel T helper (sel T pembantu) hanya ditemukan pada jenis sel tertentu, terutama sel-sel yang menelan antigen asing. Jadi, jawaban yang tepat adalah (B) Molekul MHC kelas II ke sel T helper.


3. Hati merupakan salah satu sistem ekskresi pada manusia. Hati mengekskresikan empedu dan urea. Empedu merupakan hasil perombakan sel darah merah yang salah satu prosesnya mengalami tahap bilirubin. Sehingga jawaban yang tepat adalah (D) Bilirubin.


4. Trakea atau tenggorokan adalah sebuah tabung yang panjangnya sekitar 5 inci yang terbuat dari tulang rawan hialin berbentuk C dan dilapisi dengan epitel bersilia. Fungsi silia pada trakea adalah untuk menangkap debu/kotoran yang masuk dan mendorongnya keluar dari saluran pernapasan. Jadi, jawaban yang tepat adalah (E) Menangkap kotoran yang masuk.


5. Sel-sel saraf juga disebut neuron. Neurit adalah nama lain dari akson. Tidak ada istilah neurosit. Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) Neuron.


6. Pengertian ekskresi secara keseluruhan adalah sistem yang mengatur pengeluaran produk-produk buangan metabolisme dari tubuh. Pilihan B dan D merupakan pengertian proses ekskresi di salah satu organ ekskresi saja. Sedangkan pilihan C dan E merupakan pengertian defekasi. Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) Pengeluaran produk-produk buangan metabolisme dari tubuh.


7. Prostatis disebabkan oleh bakteri. Uretritis disebabkan oleh Chlamydia trachomatis, Ureplasma urealyticum, atau virus herpes. Epididimitis disebabkan oleh E. coli dan chlamydia. Orkitis disebabkan oleh virus parotitis. Hipogonadisme disebabkan oleh gangguan hormon. Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) Uretritis.


8. Yang termasuk sistem saraf sadar berdasarkan soal adalah saraf kranial, saraf sumsum tulang belakang, saraf spinal, sumsum lanjutan, dan otak kecil. Sistem saraf simpatis termasuk ke dalam sistem saraf tidak sadar. Sehingga jawaban yang tepat adalah (D) Sistem saraf simpatis.


9. Kantung udara berfungsi sebagai alat bantu pernapasan sewaktu burung terbang. Saat terbang, burung tidak dapat menarik napas dari udara luar sehingga harus menggunakan cadangan udara di kantung udara. Jadi, jawaban yang tepat adalah (D) Alat bantu bernapas.


10. Ovulasi adalah peristiwa pelepasan oosit sekunder (telur) dari folikel di Graaf yang dirangsang oleh hormon LH. Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) Ovulasi.


11.  Sistem ekskresi pada manusia dan vertebrata terdiri dari paru-paru, kulit, ginjal, dan hati. Jantung tidak termasuk sistem ekskresi, melainkan termasuk sistem peredaran darah pada manusia. Sehingga jawaban yang tepat adalah (E) Jantung.


12. Gagal ginjal adalah penyakit dimana ginjal gagal menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Penyebab gagal ginjal seringkali merupakan dampak dari penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes melitus, terdapat sumbatan, dll. Saluran kandung kemih yang tersumbat juga dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal. Jadi, jawaban yang tepat adalah (E) Saluran tersumbat.


13. Hormon gonadotropin adalah hormon yang merangsang pubertas pada pria dan wanita. Sedangkan testosteron hanya merangsang pubertas pada pria. Jadi, jawaban yang tepat adalah (D) Gonadotropin.


14. Alveolus adalah tempat pertukaran (difusi) antara oksigen dan karbon dioksida. Trakeolus hanyalah pengecoh soal. Pleura adalah selaput pembungkus paru-paru. Sedangkan laring dan rongga hidung adalah bagian dari saluran pernapasan atas. Jadi, jawaban yang tepat adalah (D) Alveolus.


15. Bola mata mempunyai 3 lapisan dinding yaitu lapisan luar (sklera dan kornea), lapisan tengah (koroidea dan iris), dan lapisan dalam (retina). Jadi, jawaban yang tepat adalah (B) 3.


16. Secara garis besar, alat-alat ekskresi pada manusia terdiri dari ginjal, hati, paru-paru, dan kulit. Uretra tidak termasuk alat ekskresi, melainkan bagian dari proses pembentukan urin. Jadi, jawaban yang tepat adalah (E) Uretra.


17. Udara keluar masuk ke pembuluh trakea melalui lubang kecil yang disebut stigma atau spirakel yang terdiri dari beberapa segmen. Jawaban yang tepat adalah (A) Stigma.


18. Peleburan dua gamet disebut pembuahan, fertilisasi, atau singami. Isogamet adalah penyatuan dua gamet yang secara morfologis tidak berbeda. Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) Singami.


19. Pada pernapasan dada, inspirasi terjadi jika otot antartulang rusuk berkontraksi. Sedangkan pada pernapasan perut, inspirasi terjadi jika otot diafragma berkontraksi. Jadi, jawaban yang tepat adalah (B) Kontraksi otot antartulang rusuk.


20. Antibodi adalah molekul globumin yang mampu menyerang agen penyakit. Jadi, jawaban yang tepat adalah (B) Antibodi.


21. Gagal ginjal adalah penyakit yang ditandai dengan gagalnya ginjal untuk menjalankan fungsinya yaitu menghasilkan urine. Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) Gagal ginjal.


22. Penyakit seperti itu disebut efusi pleura dimana terdapat penumpukkan cairan yang berlebih di antara dua lapis membran/selaput yang terdapat di pleura. Hal ini dapat menyebabkan napas menjadi sesak dan dada terasa sakit. Jawaban yang tepat adalah (B) Penimbunan cairan di ruangan pleura.


23. Saraf olfaktori adalah saraf penciuman, saraf optik adalah saraf pengirim impuls penglihatan dari retina ke otak, saraf okulomotor adalah saraf kontraksi iris, saraf troklear adalah saraf pemutar bola mata, dan saraf trigeminal (trigeminus) membawa impuls dari kulit ke otak. Jadi, jawaban yang tepat adalah (B) Saraf optik.


24. Energi yang digunakan dalam kegiatan respirasi bersumber dari ATP (Adenosin Tri Fosfat) yang dihasilkan di mitokondria pada sel. Jadi, jawaban yang tepat adalah (B) ATP.


25. Janin menerima makanan melalui plasenta. Darah yang terdapat di plasenta tidak sama dengan darah ibu. Jadi, jawaban yang tepat adalah (E) Cadangan makanan yang tersimpan dalam plasenta.


26. Selubung mielin berfungsi sebagai pelindung akson. Selubung mielin terdiri dari sel schwann yang berfungsi menyediakan nutrisi untuk akson. Jadi, jawaban yang tepat adalah (B) Selubung mielin


27. Alur pendengaran: gelombang suara > gendang telinga > malleus (tulang martil) > incus (tulang landasan) > stapes (tulang sanggurdi) > koklea (rumah siput) > organ kortil > saraf kokleal > otak. Jadi, jawaban yang tepat adalah (B) Malleus – incus – stapes – koklea.


28. Pangkal lidah (lidah belakang) merupakan reseptor rasa pahit. Jadi, jawban yang tepat adalah (D) Pahit.


29. Fungsi FSH pada wanita adalah menstimulai ovarium untuk memproduksi steroid, penghasil estradiol selama fase folikuler, penghasil progesteron selama fase luteal, memicu ovulasi. jadi, jawaban yang tepat adalah (B) Produksi progesteron dan terjadinya ovulasi.


30. Pars praprostatica terletak sebelum kelenjar prostat, pars prostatica terletak di prostat, pars membranosa terdapat kelenjar bulbouretralis, dan pars spongiosa/cavernosa melintas di corpus spongiosum penis. Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) Pars praprostatica.


31. Monosit memiliki ciri-ciri: inti sel satu berukuran besar, bentuk bulat panjang, dapat bergerak cepat, dan bersifat fagosit. Jadi, jawaban yang tepat adalah (E) Monosit.


32. Vaksin BCG adalah vaksin yang memberikan kekebalan aktif terhadap penyakit Tuberkulosis (TBC) dan diberikan satu kali sebelum anak berumur 2 bulan. Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) BCG.


33. Spirakel adalah sistem pernapasan pada sekelompok hewan insekta. Spirakel terletak di bagian lateral setiap segmen tubuh. Jadi, jawaban yang tepat adalah (C) Lateral.


34. Bekicot adalah nama lain dari siput darat. Siput darat bernapas dengan menggunakan paru-paru sedangkan siput air bernapas dengan menggunakan insang. Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) Paru-paru.


35. Ginjal tidak mengeluarkan mineral. Mineral yang lolos di glomerulus akan kembali diserap di tubulus kontortus proksimal. Kulit tidak mengeluarkan karbon dioksida. Hati tidak menyaring darah. Paru-paru tidak mengeluarkan oksigen melainkan memasukkan oksigen. Jadi, jawaban yang tepat adalah (E) Kulit berfungsi untuk perlindungan dan mengeluarkan keringat.


36. Dermis adalah lapisan kulit yang terletak di antara epidermis dan jaringan ikat (subkutaneus). Fungsi dermis sangat beragam mulai dari tempat saraf reseptor, tempat akar rambut, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak. Jadi, jawaban yang tepat adalah (B) Dermis.


37. Hipotalamus (maaf dalam soal salah ketik) adalah bagian otak yang mengatur temperatur tubuh. Jadi, jawaban yang tepat adalah (B) Hipotalamus.


38. Sinapsis adalah titik temu antara akson dan dendrit pada neuron lain. Jadi, jawaban yang tepat adalah (C) Sinapsis.


39. Saluran eustachius berfungsi untuk menghubungkan telinga tengah dengan rongga faring di tenggorokan. Maka dari itu ada istilah THT (telinga hidung tenggorokan). Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) Bagian telinga tengah dengan rongga faring.


40. Sklera adalah jaringan ikat berwarna putih dan tidak tembus cahaya kecuali di bagian depan yang transparan. Konjungtiva adalah lapisan pelindung bola mata dari gangguan. Jadi, jawaban yang tepat adalah (E) Konjungtiva.


41. Penyebab sifilis dan gonorhoe disebabkan oleh bakteri. Influenza bukan merupakan penyakit pada sistem reproduksi. Herpes disebabkan oleh virus. Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang abnormal dan ganas. Jadi, jawaban yang tepat adalah (D) Herpes.


42. Sesungguhnya, spermatogenesis berlangsung selama 74 hari. Jawaban yang paling mendekati adalah (E) 72 hari. Mohon maaf atas kesalahan yang ada pada soal.


43. Semua cairan limfa akan bermuara di vena limfa yang berada di bawah selangka kanan. Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) Vena limfa.


44. Obat merupakan zat buatan. Toksin adalah racun. Antibodi, lisis, dan aglutinasi adalah proses pertahanan tubuh alami. Sedangkan vaksin termasuk pertahanan tubuh buatan. Jadi, jawaban yang tepat adalah (B) Vaksin.


45. Pada beberapa jenis ikan seperti ikan gabus, gurame, dan lele, rongga insangnya mengalami perluasan yang berlipat-lipat dan tidak beraturan. Perluasan insang tersebut disebut labirin yang berfungsi sebagai tempat penyimpan udara. Jadi, jawaban yang tepat adalah (D) Gabus, lele, dan gurami.


46. Tenggorokan (trakea) bercabang menjadi dua bagian. Satunya ke paru-paru kanan dan satunya lagi ke paru-paru kiri. Jawaban yang tepat adalah (A) 2.


47. Alat ekskresi pada insekta (serangga) disebut tubula atau pembuluh malpighi yang berwujud tabung kecil dan panjang. Jawaban yang tepat adalah (B) Pembuluh malpighi.


48. Salah satu penyakit pada hati adalah hepatitis. Jawaban yang tepat adalah (C) Hati.


49. Sel Schwann memiliki beberapa fungsi antara lain mempercepat jalannya impuls, membantu menyediakan makanan untuk neurit, dan membantu regenerasi neurit. Jadi, jawaban yang tepat adalah (D) Sel schwann.


50. Seluruh sistem indera pada manusia berpusat pada otak besar termasuk pusat pendengaran. Jadi, jawaban yang tepat adalah (A) Otak besar.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

5 comments: