Pengertian Seni (Artikel Lengkap)

loading...

Seni adalah proses penciptaan dan ekspresi dari manusia yang melibatkan keterampilan, imajinasi, atau teknis. Seni biasanya mengandung unsur estetika dan memiliki nilai jual. Seni pada mulanya adalah proses dari manusia. Sesungguhnya pengertian seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, karena setiap individu memiliki pengertian tersendiri. Ada yang mengatakan bahwa seni itu indah atau mengandung unsur estetika. Ada juga yang mengatakan bahwa seni itu memiliki makna yang mendalam.

pengertian seni

1. Asal Mula Kata Seni

Etimologi kata “seni” berasal dari bahasa Sansekerta sani yang berarti “pemujaan”, “persembahan”, dan “pelayanan”. Dalam bahasa Inggris, “seni” disebut art yang berasal dari bahasa Latin artem yang memiliki arti sama.

2. Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Disini akan diuraikan sedikit pengertian seni menurut para ahli. Menurut Aristoteles, seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal. Menurut Ki Hajar Dewantara, seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia. Sedangkan menurut Plato dan Rousseau, seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.

3. Arti Lain Seni

Selain sebagai istilah yang merujuk kepada hasil kreasi dan perwujudan dari ekspresi manusia, kata seni juga meruju pada beberapa istilah lain. Seperti “urine” yang sering disebut sebagai “air seni”.


Sumber:

Judul

Alamat

Art http://en.wikipedia.org/wiki/Art
Seni http://id.wikipedia.org/wiki/Seni
Pengertian Seni Menurut Bahasa, 10 Pendapat Para Ahli Lengkap http://silontong.com/2014/11/07/pengertian-seni-menurut-bahasa-10-pendapat-para-ahli-lengkap/
art (n.) http://www.etymonline.com/index.php?term=art
Pengertian Seni Menurut Para Ahli Lengkap http://www.disukai.com/2014/10/pengertian-seni-menurut-para-ahli.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment