Sistem Pernapasan pada Belalang (Artikel Lengkap)

loading...

Pernapasan dilakukan menggunakan trakea yang seperti tabung berisi udara. Tabung itu terbuka di permukaan thoraks dan abdomen melalui pasangan katup spirakel. Sistem pernapasan pada belalang sama saja dengan sistem pernapasan pada serangga lain seperti nyamuk, lalat, dan kupu-kupu. Belalang berukuran lebih besar mungkin perlu lebih sering membuka ventilasi tubuhnya untuk membuka beberapa spirakel. Belalang menggunakan otot abdominal untuk mengembangkan tubuhnya dan memompa air ke dalam sistem pernapasannya.

sistem pernapasan pada belalang

Oksigen dari luar masuk lewat spirakel kemudian menuju pembuluh-pembuluh trakea. Pembuluh trakea akan bercabang hingga menjadi cabang halus yang disebut trakeolus. Trakeolus adalah tempat terjadinya pertukaran gas dengan sel-sel tubuh. Darah tidak mengangkut oksigen, melainkan hanya mengangkut sari-sari makanan. Trakeolus tidak berlapis kitin, berisi cairan, dan tersusun oleh sel yang disebut trakeoblas. Cairan pada ujung trakeolus berfungsi supaya udara mudah berdifusi ke jaringan.

Jika otot perut belalang berkontraksi maka trakea memipih sehingga udara kaya karbon dioksida keluar dari tubuh. Jika otot perut berelaksasi maka trakea kembali pada volume semua sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk ke trakea.


Sumber:

Judul

Alamat

Grasshopper http://en.wikipedia.org/wiki/Grasshopper#Circulation_and_respiration
SISTEM RESPIRASI SERANGGA – SISTEM PERNAPASAN INSECTA http://www.materibiologi.com/sistem-respirasi-serangga-sistem-pernapasan-insecta/


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment