8 Tokoh Pelukis Aliran Naturalisme

loading...

Lukisan aliran naturalisme adalah seni lukis yang menggambarkan subjek sesuai kenyataannya tanpa kepalsuan, keeksotisan, hal yang tidak masuk akal, dan sesuatu yang gaib. Aliran ini juga disebut realisme. Aliran naturalisme populer antara tahun 1800 sampai 1900. Berikut adalah beberapa tokoh pelukis aliran naturalisme yang terkenal. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 10 Jenis Aliran Lukisan Beserta Biografi Pelukis Luar Negeri

tokoh pelukis aliran naturalisme

Salah satu lukisan beraliran naturalisme karya Jean-François Millet, The Gleaners.

1. Alfredo Volpi

Alfredo Volpi adalah pelukis aliran naturalisme Brazil yang lahir di Italia pada tanggal 14 April 1896. Lukisan pertamanya dilukis saat berusia 12 tahun. Dia pernah memenangkan penghargaan pelukis Brazil terbaik. Dia kemudian menjadi pelukis paling berpengaruh di Brazil pada abad ke-20. Alfredo Volpi meninggal di usia 92 tahun pada tanggal 28 Mei 1988.

2. William Bliss Baker

William Bliss Baker adalah seorang pelukis yang lahir di New York City, Amerika Serikat pada tanggal 27 November 1859. Dia merupakan lulusan National Academy of Design dan berhasil membuat studio di Clifton Park, New York, dan New York City. Selama hidupnya, dia telah menyelesaikan lebih dari 130 lukisan. William Bliss Baker meninggal di rumah ayahnya di Hoosick Falls, New York di usianya yang masih muda yakni 26 tahun.

3. Amaldus Nielsen

Amaldus Clarin Nielsen adalah seorang pelukis aliran naturalisme Norwegia yang lahir pada tanggal 23 Mei 1838. Pada tahun 1854, dia melanjutkan studi melukis di Kopenhagen. Dia disebut-sebut sebagai pelukis aliran naturalisme Norwegia pertama. Nielsen sering mengikuti berbagai ajang pameran. Sebelas lukisannya saat ini dimiliki oleh National Museum of Art, Architecture, and Design. Amaldus Nielse meninggal di usia 94 tahun pada tanggal 10 Desember 1932 karena penyakit pneumonia yang dideritanya.

4. Gustave Courbet

Jean Désiré Gustave Courbet adalah seorang pelukis aliran realisme Perancis yang lahir pada tanggal 10 Juni 1819. Dia juga pernah melukis lukisan aliran romantisme, impresionisme, dan kubisme. Lukisan pertamanya terinspirasi dari tulisan Victor Hugo. Dia seringkali melukis potret diri. Pada tahun 1871, dia dipenjara selama enam bulan karena keterlibatannya dengan Paris Commune. Gustave Courbet meninggal di Swiss pada tanggal 31 Desember 1877 saat ia berusia 58 tahun.

5. Amelia Alcock-White

Amelia Alcock-White adalah seorang pelukis Kanada yang lahir pada tahun 1981. Dia belajar seni rupa di Vancouver Island University dan Emily Carr University of Art and Design. Alcock-White dikenal akan lukisannya yang menggambarkan air, mitos, filosofi, dan pantai British Columbia. Lukisannya merupakan kombinasi dari aliran representasionalisme, realisme, dan naturalisme. Dia suka melakukan kegiatan amal dengan lukisannya.

6. Jean-François Millet

Jean-François Millet adalah seorang pelukis aliran realisme Perancis yang lahir pada tanggal 4 Oktober 1814. Dia adalah seorang pelukis ternama. Bahkan ia telah menjadi sumber inspirasi penting bagi Vincent van Gogh. Karya Millet dan namanya berulangkali disebut di surat Vincent untuk Theo. Dia juga merupakan salah satu bagian dari gerakan seni realisme. Jean-François Millet meninggal pada tanggal 20 Januari 1875 saat ia berusia 60 tahun.

7. Béla Iványi-Grünwald

Béla Iványi-Grünwald adalah seorang pelukis Hungaria yang lahir pada tanggal 6 Mei 1867. Dia adalah seorang pelukis aliran naturalisme, fauvisme, dan barok. Béla Iványi-Grünwald merupakan lulusan Academy of Fine Arts di Budapest (1882-1886) dan Académie Julian di Paris (1887-1890). Dia memulai karir melukisnya dengan mengikuti berbagai pameran di Budapest. Béla Iványi-Grünwald meninggal pada tanggal 24 September 1940 saat ia berusia 73 tahun.

8. Sir Luke Fildes

Sir Samuel Luke Flides adalah seorang pelukis dan ilustrator dari Inggris yang lahir di Liverpool pada tanggal 3 Oktober 1843. Saat ia berusia 17 tahun, ia menjadi mahasiswa di Warrington School of Art dan kemudian pindah ke South Kensington Art School. Kemudian ia menjadi terkenal dan pada tahun 1870 ia menyelesaikan lukisan pertamanya. Dia mendapat dua gelar di kerajaan Britania Raya. Sir Luke Fildes meninggal pada tanggal 28 Februari 1927 saat berusia 83 tahun.


Sumber:

Judul

Alamat

Realism (arts) http://en.wikipedia.org/wiki/Realism_(arts)
Famous Naturalism Artists http://www.ranker.com/list/famous-naturalism-artists/reference
Naturalisme (seni rupa) http://id.wikipedia.org/wiki/Naturalisme_(seni_rupa)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

1 comment: