15 Negara Kepulauan Terkecil di Dunia

loading...

Negara kepulauan adalah negara yang terdiri dari banyak pulau. Terdapat sekitar 21 negara kepulauan di dunia. Negara kepulauan terbesar di dunia (dari segi luas dan jumlah penduduk) adalah Indonesia dengan luas 1.904.569 kilometer persegi dan jumlah penduduk mencapai 237.556.363 jiwa. Negara kepulauan terkecil di dunia adalah Tuvalu dengan luas 26 kilometer persegi. Negara kepulauan terkenal akan stabilitasnya. Sumber ekonomi negara kepulauan kecil adalah perikanan. Negara kepulauan paling rentan terkena siklus badai di samudera. Berikut adalah 15 negara kepulauan terkecil di dunia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 10 Negara Terkecil di Dunia

15. Vanuatu

Vanuatu akhir-akhir ini menjadi perbincangan di Indonesia karena salah satu warga negara kita menjadi korban dalam badai besar yang terjadi di sana. Republik Vanuatu adalah negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik Selatan. Luas negara ini mencapai 12.190 kilometer persegi. Vanuatu terdiri dari 82 pulau dan terbagi menjadi 6 provinsi. Ibukotanya adalah Port Vila. 71% komoditas ekonomi Vanuatu adalah di sektor ikan beku (tidak termasuk fillet) dan 14% merupakan sektor perkapalan. Jumlah penduduk di Vanuatu mencapai 243.304 jiwa dengan kepadatan penduduk 19,7 jiwa/kilometer persegi.

Tanjung Verde14. Tanjung Verde

Republik Tanjung Verde (Cape Verde) adalah negara kepulauan yang terletak di Samudera Atlantik, 570 kilometer sebelah barat Afrika. Luas negara ini mencapai 4.033 kilometer persegi. Tanjung Verde terdiri dari 10 pulau dan terbagi menjadi 22 kota (disebut concelhos). Ibukotanya adalah Praia. 30% komoditas ekonomi Tanjung Verde adalah ikan beku (tidak termasuk fillet) dan 24% merupakan sektor perikanan. Jumlah penduduk di Tanjung Verde mencapai 567.000 jiwa dengan kepadatan penduduk sekitar 125,5 jiwa/kilometer persegi.

Samoa13. Samoa

Samoa Barat adalah negara kepulauan yang terletak di sebelah barat Kepulauan Samoa di sebelah selatan Samudera Pasifik. Luas negara ini mencapai 2.831 kilometer persegi. Samoa terdiri dari dua pulau besar dan delapan pulau kecil. Ibukotanya adalah Apia. 58,4% komoditas ekonomi Samoa adalah di sektor industri dan 30,2% adalah sektor jasa. Jumlah penduduk di Samoa mencapai 179.000 jiwa dengan kepadatan penduduk sekitar 63,2 jiwa per kilometer persegi.

Komoro12. Komoro

Perserikatan Komoro adalah negara kepulauan di Samudera Hindia yang terletak diantara Mozambik dan barat laut Madagaskar. Luas negara ini sekitar 2.235 kilometer persegi. Komoro terdiri dari tiga pulau utama dan beberapa pulau kecil. Ibukotanya adalah Moroni. 40% komoditas ekonomi Komoro adalah rempah-rempah selain lada dan 25% merupakan di sektor bongkar muat kapal. Jumlah penduduk di Komoro adalah sekotar 798.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 275 jiwa per kilometer persegi.

Mauritius11. Mauritius

Republik Mauritius adalah negara kepulauan di Samudera Hindia sekitar 2.000 kilometer dari pantai tenggara Afrika. Luas negara ini sekitar 2.040 kilometer persegi. Mauritius terdiri dari pulau utama Mauritius dan beberapa pulau lain. Ibukotanya adalah Port Louis. Ekonomi negara ini bersumber dari pariwisata, tekstil, gula, dan jasa keuangan. Jumlah penduduk di Mauritius mencapai 1.244.663 jiwa dengan kepadatan 610 jiwa per kilometer persegi.

20080810adf8239716_043.JPG10. Kiribati

Republik Kiribati adalah negara kepulauan di tengah Samudera Pasifik yang terdiri dari 33 atoll dan beberapa pulau karang. Luas negara ini sekitar 800 kilometer persegi. Ibukotanya adalah Tarawa. Kiribati adalah salah satu negara termiskin di dunia yang hanya memiliki beberapa sumber daya alam. Jumlah penduduk di Kiribati adalah sekitar 98.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 135 jiwa per kilometer persegi.

Tonga9. Tonga

Kerajaan Tonga adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik bagian selatan yang terdiri dari 52 pulau. Luas negara ini sekitar 750 kilometer persegi. Ibukotanya adalah Nuku’alofa. Perekonomian di Tonga sangat bergantung pada pengiriman uang oleh setengah penduduk Tonga yang tinggal di luar negeri. Sebagian besar penggerak roda perekonomian di Tonga adalah sektor non keuangan. Negara ini adalah negara terkorup keenam di dunia dan salah satu negara tujuan investor terburuk di dunia. Jumlah penduduk di Tonga sekitar 104.000 jiwa dengan kepadatan penduduk mencapai 139 jiwa per kilometer persegi.

Federasi Mikronesia8. Federasi Mikronesia

Federasi Mikronesia adalah negara kepulauan yang membentang dari timur laut Papua Nugini hingga sebelah timur Filipina yang terdiri dari sekitar 607 pulau. Luas negara ini adalah 702 kilometer persegi. Negara ini terbagi menjadi empat negara bagian. Ibukotanya adalah Palikir. Aktivitas ekonomi utama di Federasi Mikronesia adalah perternakan dan perikanan. Jumlah penduduk di Federasi Mikronesia sekitar 111.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 158,1 jiwa per kilometer persegi.

Palau7. Palau

Republik Palau adalah negara kepulauan yang berada di sebelah barat Samudera Pasifik dan di sebelah utara Maluku dan Papua Barat. Negara ini terdiri dari sekitar 250 pulau. Luas Palau adalah 459 kilometer persegi. Negara ini terbagi menjadi 16 negara bagian. Ibukotanya adalah Ngerulmud. Komoditas ekonomi utama di Palau adalah pariwisata, pertanian, dan perikanan. Jumlah penduduk di Palau adalah sekitar 20.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 43,6 jiwa per kilometer persegi.

Seychelles6. Seychelles

Baca juga: 10 Pulau Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi

Republik Seychelles adalah negara kepulauan yang terletak di Samudera Hindia. Negara ini terdiri dari 115 pulau. Luas Seychelles adalah 455 kilometer persegi. Negara ini terbagi menjadi 26 kawasan administratif. Ibukotanya adalah Victoria. 74% komoditas Seychelles adalah ikan salmon. Jumlah penduduk di Seychelles adalah sekitar 87.500 dengan kepadatan penduduk 192 jiwa per kilometer persegi.

Saint Vincent dan Grenadines5. Saint Vincent dan Grenadines

Saint Vincent dan Grenadines adalah negara kepulauan di Laut Karibia selatan. Luas Saint Vincent dan Grenadines adalah 389 kilometer persegi. Negara ini terbagi menjadi enam parish (provinsi). Ibukotanya adalah Kingstown. Pariwisata adalah sektor utama negara ini. Jumlah penduduk di Saint Vincent dan Grenadines adalah sekitar 120.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 307 jiwa per kilometer persegi.

Maladewa4. Maladewa

Republik Maladewa adalah negara kepulauan di Samudera Hindia. Negara ini terdiri dari 1.192 pulau koral yang tergabung dalam 26 atoll. Luas Maladewa adalah 298 kilometer persegi. Negara ini terbagi menjadi 21 pembagian administratif. Ibukotanya adalah Malé. Sektor pariwisata dan perikanan telah menjadi sektor ekonomi utama di Maladewa. Jumlah penduduk di Maladewa adalah sekitar 329.198 jiwa dengan kepadatan penduduk 1.105 jiwa per kilometer persegi.

Kepulauan Cook3. Kepulauan Cook

Kepulauan Cook adalah negara kepulauan di selatan Samudera Pasifik. Negara ini terdiri dari 15 kepulauan kecil dengan luas total 240 kilometer persegi. Ibukotanya adalah Avarua. Negara ini bergantung pada pariwisata dan bantuan dari negara lain. Negara ini sangat bergantung pada geografi, terisolasi dari pasar regional, infrastruktur yang kurang memadai, dan tidak memiliki sumber daya alam. Jumlah penduduk di Kepulauan Cook adalah 10.777 jiwa dengan kepadatan penduduk 45,7 jiwa per kilometer persegi.

Kepulauan Marshall2. Kepulauan Marshall

Republik Kepulauan Marshall adalah negara kepulauan di dekat khatulistiwa Samudera Pasifik. Negara ini terdiri dari 1.156 pulau dan pulau kecil yang membentuk 24 atoll. Luas negara ini adalah 181 kilometer persegi. Ibukotanya adalah Majuro. Komoditas ekspor utama di Kepulauan Marshall adalah perkapalan (84%). Jumlah penduduk di negara ini adalah sekitar 62.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 342,5 jiwa per kilometer persegi.

Tuvalu1. Tuvalu

Tuvalu adalah negara kepulauan terkecil di dunia dengan luas hanya 26 kilometer persegi. Negara ini terletak di tengah Samudera Pasifik tepat diantara Hawaii dan Australia. Tuvalu terdiri dari tiga pulau karang dan enam atoll. Ibukotanya adalah Funafuti. Negara ini adalah salah satu negara dengan perekonomian terbaik di Samudera Pasifik. Meskipun begitu, terdapat ancaman tenggelamnya negara ini karena pemanasan global mengingat titik tertinggi di Tuvalu tidak sampai empat meter. Pemerintah berencana merelokasi penduduknya ke negara lain. Kemungkinan negara ini akan lenyap dalam 50 tahun kedepan. Jumlah penduduk di Tuvalu adalah 12.373 jiwa dengan kepadatan penduduk 475,88 jiwa per kilometer persegi.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

1 comment:

  1. lihat di google map earth jika ingin melihat dari atasnya!

    ReplyDelete