10 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

loading...

Sistem politik adalah kumpulan pendapat-pendapat dan lain-lain yang membentuk satu kesatuan yang berhubungan satu sama lain untuk mengatur pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur hubungan antara individu satu sama lainnya atau dengan negara dan hubungan negara dengan negara lain. Berikut adalah beberapa pengertian sistem politik menurut para ahli. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 25 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli
10 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

1. Sukarna

Sistem politik adalah suatu tata cara untuk mengatur atau mengolah bagaimana memperoleh suatu kekuasaan di dalam negara, mengatur hubungan pemerintah dan rakyat atau sebaliknya, pengaturan negara dengan dengan, atau negara dengan rakyatnya.

2. Drh. Wiku Adisasmito

Sistem politik adalah suatu dugaan abstrak dari kekuatan-kekuatan yang berbenturan antara negara dan pemerintah.

3. Rusadi Kantaprawira

Sistem politik adalah mekanisme atau cara kerja seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dengan berhubungan satu sama lain dan menunjukkan suatu proses yang langgeng.

4. Mohamad Bahrudin Podomi

Sistem politik adalah rangkaian metode yang bersifat sistematis, terstruktur, dan fleksibel terhadap faktor-faktor internal maupun eksternal.

5. Rober A. Dahl

Sistem politik adalah pola yang tetap dari hubungan-hubungan antara manusia yang melibatkan sampai dengan tingkat tertentu, kontrol, pengaruh, kekuasan, ataupun wewenang.

6. Drs. Abdul Kadir

Sistem politik adalah suatu sitem yang legitimate, sistem yang memelihara ketertiban (order-manitaining) atau sistem yang mentransformasi (transforming system) dalam suatu masyarakat. Sistem politik pada hakikatnya adalah suatu pola interaksi yang tetap, legitimate, yang mengikat dan bersifat otoritatif, yang melibatkan kekuasaan, aturan yang luas dan signifikan.

7. David Easton

Sistem politik adalah interaksi yang diabstrasikan dari seluruh tingkah laku sosial sehingga nilai-nilai dialokasikan secara otoritatif kepada masyarakat.

8. Fredrick W. Frey

Sistem politik adalah sistem interaksi dalam suatu masyarakat melalui mana alokasi-alokasi nilai-nilai yang mengikat dan bersifat otoritatif dibuat dan diimplementasikan.

9. Prof. Sri Sumantri

Sistem politik adalah kelembagaan dari hubungan antara manusia yang berupa hubungan antara suprastruktur dan infrastruktur politik.

10. Prayetno

Sistem politik adalah sejumlah lembaga atau aktivitas politik dimasyarakat yang berfungsi mengubah input (demand, support dan resources) menjadi kebijakan yang otoritatif bagi masyarakat (out-put).


Sumber:

  1. Adisasmito, D. W. (2008). Analisis Politik Internasional dan MDGs.
  2. Podomi, M. B. (2010). SISTEM POLITIK KERAJAAN BOLAANG MONGONDOW DI SULAWESI UTARA (Studi tentang Sistem Pemerintahan dan Struktur Sosial) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
  3. Kadir, A. KEMAUAN POLITIK UNTUK KEMAJUAN PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN POLITIK UNTUK KEMAJUAN BANGSA. Drs. Abdul Kadir, M. Pd., 48.
  4. Prayetno, P. (2012). KONTRIBUSI DEMOKRAT DALAM PUBLIC POLICY-MAKING DAN PUBLIC POLICY IMPLEMENTATION (Sebuah Reaserch dan Study Di Kabupaten Serdang Bedagai). Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 11(3).

Sumber internet:

Judul

Alamat

PENGERTIAN SISTEM POLITIK CIRI-CIRI DAN KOMPONEN SISTEM POLITIK http://anggawibisono-on-sharetask.blogspot.com/p/blog-page_3240.html
Pengertian Sistem Politik dan Ciri-Ciri Sistem Politik http://www.artikelsiana.com/2015/03/pengertian-sistem-politik-ciri-ciri-sistem-politik.html
PENGERTIAN SISTEM POLITIK INDONESIA http://etisetyarini.blog.fisip.uns.ac.id/2011/03/26/pengertian-sistem-politik-indonesia/
Sistem Politik Indonesia https://amanahtp.wordpress.com/2012/01/27/sistem-politik-indonesia/
sistem politik http://indolisme.blogspot.com/2008/11/sistem-politik.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

3 comments: