5 Contoh Gambar Seni Bangunan Beserta Penjelasannya

loading...

Seni bangunan atau arsitektur adalah karya ekspresi dan imajinasi manusia yang dituangkan ke dalam struktur bangunan. Sekarang saya akan memberikan contoh gambar seni bangunan dari berbagai agama dan daerah yang ada di Indonesia dan di dunia. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Gambar Seni Bangunan Islam

seni bangunan islam

Gambar diatas adalah gambar sebuah bangunan masjid dengan gaya Turki yang cenderung berada diantara gaya Arab dan gaya Eropa. Meskipun sebagian besar masjid kental dengan arsitektur Arab, namun ada juga masjid yang mengikuti budaya setempat. Seperti masjid Demak.

Baca juga: 5 Jenis Seni Rupa Terapan (Beserta Gambar)

2. Gambar Seni Bangunan Hindu

seni bangunan Hindu

Bangunan tempat suci umat Hindu, pura, telah mewakili seni arsitektur Bali pada umumnya. Gaya seni Bali ini terinspirasi dari gaya Majapahit. Tempat suci umat Hindu Bali dengan umat Hindu India berbeda. Hindu India berupa kuil sedangkan Hindu Bali berupa pura.

3. Gambar Seni Bangunan Kristen

seni bangunan kristen

Gambar diatas adalah gambar gereja katedral yang merupakan tempat suci umat Kristen. Gereja pada umumnya mengikuti gaya arsitektur Eropa, namun ada juga yang mengikuti gaya arsitektur setempat.

Baca juga: Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan (Artikel Lengkap)

4. Gambar Seni Bangunan Buddha

seni bangunan buddha

Tempat suci umat Buddha adalah wihara/klenteng. Ciri khasnya ada coraknya yang didominasi warna merah.

5. Gambar Seni Bangunan Jepang

seni bangunan jepang

Gambar disana adalah tempat suci umat Shinto, sebuah agama yang dianut mayoritas orang Jepang. Arsitekturnya dipengaruhi gaya bangunan Buddha.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment