5 Jenis Seni Rupa Terapan (Beserta Gambar)

loading...

Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Jadi, selain nilai seni (estetika), seni rupa terapan juga memiliki nilai pakai dan bukan hanya sebagai pajangan/hiasan saja. Contoh seni rupa terapan adalah kain batik, peralatan dapur, asbak, rumah adat, senjata tradisional, alat transportasi tradisional, meja, kursi, dll. Berikut adalah jenis seni rupa terapan. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Seni Bangunan (Arsitektur)

rumah adat JambiSeni rupa terapan bisa berwujud bangunan. Biasanya terdapat hiasan di dinding, kusen, pintu, jendela, ornamen, atap, dll. Seni bangunan bisa juga digunakan sebagai tempat tinggal atau tempat ibadah. Contoh seni bangunan antara lain rumah adat, pura, masjid, gereja, vihara, candi, gapura, dll.

2. Seni Kain

seni kain batikSeni kain biasa digunakan sebagai pakaian atau sarana upacara. Contohnya adalah batik dan pakaian adat di masing-masing daerah.

3. Seni Ilustrasi

seni ilustrasi Bung KarnoSeni ilustrasi adalah gambar atau foto yang berfungsi untuk menjelaskan suatu naskah/teks. Gambar pada artikel ini juga termasuk seni ilustrasi. Fungsi dari seni ilustrasi adalah untuk memperjelas maksud dari sebuah teks sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

4. Seni Kerajinan Tangan

seni kerajinan tangan asbakSeni kerajinan tangan biasanya digunakan untuk alat kebutuhan sehari-hari. Misalnya asbak, tempat pensil, peralatan dapur, dll.

5. Seni Dekorasi

seni dekorasi ulang tahunSeni dekorasi adalah seni yang digunakan untuk menghias sebuah ruangan. Biasanya ini dilakukan saat ada acara atau upacara seperti perayaan hari kemerdekaan, ulang tahun, resepsi pernikahan, dll.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Seni Rupa Terapan (Artikel Lengkap)

  2. Mengidentifikasi karya seni rupa murni Bali

  3. Contoh Seni Rupa Murni


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

9 comments: