8 Klasifikasi Danau Berdasarkan Proses Terjadinya

loading...

Danau adalah bagian permukaan bumi yang berupa cekungan dan digenangi air serta terletak di tengah-tengah daratan. Intinya, danau adalah perairan di tengah-tengah daratan. Umumnya danau berisi air tawar. Namun ada juga danau yang berisi air asin salah satunya adalah yang berada di danau laut Kaspia. Danau terdiri dari banyak jenis. Berikut adalah klasifikasi danau berdasarkan proses terjadinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Danau Vulkanik

Danau vulkanik adalah danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanis (gunung berapi). Danau terbentuk jika ada air di dalam kawah baik gunung berapi yang aktif maupun mati. Contohnya adalah danau Batur dan danau Kelimutu.

2. Danau Tektonik

Danau tektonik adalah danau yang terbentuk akibat aktivitas tektonik (lempeng) seperti saat gempa bumi terbentunk cekungan yang cukup besar dan diisi oleh air. Contoh danau tektonik adalah danau Singkarak dan danau Poso.

3. Danau Tektovulkanik

Danau ini terbentuk akibat aktivitas gabungan dari tektonik dan vulkanik. Pada saat terjadi letusan gunung berapi, sebagian badan gunung berapi patah dan menutupi kawah. Jika patahan tersebut berisi air, maka terbentuklah danau tektovulkanik. Contoh danau tektovulkanik adalah danau Toba.

4. Danau Glasial

Danau glasial terbentuk di daerah pegunungan salju. Danau glasial berisi gletser (salju yang telah mencair) yang terperangkap di sebuah cekungan. Contoh danau glasial adalah danau Finger di New York.

5. Danau Aliran/Ladam

Danau ini biasanya terjadi di sungai yang alirannya berkelok-kelok. Erosi di sungai menyebabkan salah satu bagian sungai terendap dan menutup aliran sungai sehingga tergenang dan terbentuk danau. Danau ini terdapat di sekitar sungai-sungai di Kalimantan dan Brazil.

6. Danau Karst

Danau karst adalah danau yang terbentuk karena pengikisan batu kapur oleh air. Pengikisan tersebut seringkali menghasilkan cekungan yang dapat digenangi air. Jika terisi air hujan maka akan membentuk danau karst berupa dolina. Jika ukuran suatu danau karst lebih besar daripada dolina pada umumnya, maka disebut uvala. Danau karst yang lebih besar daripada uvala adalah polje. Contoh danau karst adalah danau yang terdapat di Biak dan Yogyakarta.

7. Danau Laguna

Danau ini biasanya terbentuk di kepulauan kecil. Danau ini terbentuk ketika ada endapan pasir di sekitar perairan dangkal sehingga air di tengahnya menjadi terperangkap dan membentuk danau.

8. Danau Buatan

Danau buatan adalah danau yang dibuat oleh manusia. Danau ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti irigasi, PLTA, rekreasi, dan perikanan. Danau buatan ini contohnya adalah waduk dan bendungan.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Minyak Bumi (Artikel Lengkap)


Sumber:
1. geografi proses terjadinya danau (firmanpoetunenjari.blogspot.com)
2. Berbagai Jenis Danau di Dunia (arisudev.wordpress.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

2 comments:

  1. Danau Karst banyak terbentuk di daerah mana??

    ReplyDelete
  2. Pegunungan kapur selatan jawa

    ReplyDelete