Pengusaha Sejati itu Konsisten!

loading...

Pengusaha Sejati itu Konsisten!Pengusaha sejati itu harus konsisten. Konsisten dalam bekerja dan ide. Jangan berubah-ubah terus nanti bisa kacau akibatnya. Jika kita telah memiliki sebuah ide bisnis yang cemerlang, maka kita harus fokus hanya terhadap satu ide tersebut dan tidak mencari ide lain apalagi ide ‘rencana B’. Biasanya, manusia hanya bisa berfokus terhadap satu hal dalam waktu yang sama. Nah, jika kita melakukan lebih dari satu hal dalam waktu yang sama, maka pada akhirnya kita akan kelelahan dan waktu kita terbuang sia-sia.

Pengusaha sejati itu konsisten, lihat saja para pengusaha sukses sekarang. Ada yang berfokus di bidang teknologi (Bill Gates, Larry Page, Steve Jobs), ada yang berfokus di bidang asuransi (Merry Riana), ada juga orang yang berfokus di bidang perdagangan. Nah, mereka hanya berfokus pada satu hal terlebih dahulu. Jika satu bisnisnya itu sudah sukses sehingga kita tidak perlu mengawasinya lagi, barulah kita mencari ide baru. Contohnya seperti Bill Gates yang membangun perusahaan teknologi Microsoft. Saat perusahaannya sukses, dia tidak perlu lagi mengawasi perusahaan tersebut. Dia kemudian membangun sebuah yayasan untuk membantu orang-orang sakit dan miskin.

Sama seperti saat belajar, kita tidak mungkin bisa belajar matematika dan Bahasa Jepang secara bersamaan (orang yang berkemampuan khusus mungkin bisa). Kita tidak mungkin bisa melihat beragam simbol matematika sambl melihat huruf Hiragana. Jika kita melakukannya, maka otak kita akan kelelahan dan tidak mampu menyerap kedua mata pelajaran tersebut dengan baik. Akhirnya, waktu belajar kita akan terbuang sia-sia.

Satu bidang bisnis membutuhkan ketelitian, kerja keras, dan ketekunan yang tinggi. Nah, seandainya kita berusaha membangun 2 perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan asuransi secara bersamaan, tentu saja keduanya akan gagal total. Kita harus merelakan salah satu bidang bisnis tersebut untuk hanya berfokus pada satu bidang bisnis saja. Suatu saat nanti jika kita sukses barulah kita membangun perusahaan yang kita lepas tersebut.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment